BUPATI CIREBON BUKA ACARA CERBON LURU BAKAT

dalamBupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM. MSi secara resmi membuka acara  Cerbon Luru Bakat dan Pameran Lukisan serta kerajinan, Senin (15/12/2014) di Pendopo Bupati Cirebon Jalan Kartini No. 1 Cirebon.

Dalam acara tersebut Bupati Cirebon didampingi Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon Juga memberikan bantuan secara simbolis  alat kesenian berupa alat musik Marawis kepada Desa Cigobang Kecamatan Pasaleman, Alat Kesenian Degung kepada Desa Dompyong Wetan Kecamatan Gebang dan alat kesenian sunda untuk Desa Kamarang Kecamatan Greged.

Bupati Cirebon mengatakan kekayaan budaya Cirebon adalah aset daerah yang tak ternilai, serta merupakan pilar yang berfungsi sebagai penopang kebersamaan hidup dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh.

Kegiatan Cerbon Luru Bakat merupakan ajang pencarian bakat-bakat para pelajar kita dan pada intinya adalah bahwa berkesenian tersebut harus segera ditanamkan dalam jiwa anak-anak kita, ini harus dilakukan sehingga generasi mendatang bisa menjadi generasi yang tidak hanya cerdas otaknya melainkan juga jernih hatinya.

Ajang Carbon Luru Bakat adalah investasi dalam memupuk bakat para pelajar kita dan penting bagi kita untuk memberi kebebasan ekpresi dan ruang kreatif yang seluas-luasnya.

Carbon Luru Bakat adalah arena bagi para pelajar untuk bersilaturahmi, mengenal satu sama lain dan diharapkan saling memperkaya pengalaman pribadi, juga memberi kesempatan kepada para pelajar untuk menunjukkan talenta-talenta seninya.

Dalam pemberian bantuan alat-alat kesenian adalah sebagai bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap pengembangan nila-nilai seni khususnya kesenian tradisional dan diharapkan bisa membangkitkan kembali berkesenian di Kabupaten Cirebon, sehingga seni tradisional bisa terus berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas, baik di Kabupaten Cirebon maupun di luar daerah.

Sementara selaku panitia penyelenggara H. Dedi Supriyadi, SE dari Disbudparpora Kabupaten Cirebon menyampaikan kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan yakni untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan Cirebon melalui apresiasi dan kreatifitas para pelajar, memberi ruang, apresiasi dan ekspresi para seniman seni rupa dan kreatif muda di Kabupaten Cirebon, Menumbuh kembangkan seni Islami, seni tradisi di sangga-sanggar di pedesaan melalui dana bantuan Musrembang, Menciptakan masyarakat Kabupaten Cirebon yang semakin mencintai seni dan budaya Cirebon.

H. Dedi mengatakan Lomba ini diikuti oleh 30 sekolah dari SMA, SMK dan MA di Kabupaten Cirebon. Sementara pameran seni rupa diikuti oleh 12 peserta. Sedangkan dalam pemberian alat kesenian untuk 22 desa di Kabupaten Cirebon.

Acara ini dihadiri oleh Kepala OPD, Camat di Kabupaten Cirebon, Muspida, para peserta dan undangan lainnya. Bens/sahidin,Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.