Bupati Cirebon Buka Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

2Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Cirebon yang diikuti oleh perwakilan OPD se-Kabupaten Cirebon, Senin (05/12/2016) yang dilaksanakan di Apita Hotel Cirebon.

Kepala Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah Sugeng Darsono, SH.,MM. selaku penyelenggara menyampaikan sasaran dan tujuan bimtek ini adalah yakni guna memberi nilai tambah dalam meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, khususnya bagi para pengurus barang, pembantu pengurus barang, dan pengurus barang pembantu SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Sementara sasaran Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah Tahun 2016 adalah mewujudkan tertib administrasi penatausahaan barang milik daerah.

Sedangkan dalam sambutan Bupati Cirebon menyampaikan, saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, karena disamping akan dapat memberikan perluasan wawasan, pengetahuan dan keahlian dasar, juga akan dapat memberikan kekuatan penuh dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai pengurus dan penyimpan barang di SKPD, sehingga mampu menghasilkan kinerja yang maksimal dalam melaksanakan penatausahaan barang milik daerah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK untuk laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Cirebon direkomendasikan untuk menata ulang dan menyempurnakan laporan, khususnya dalam penatausahaan barang milik daerah, sehingga diharapkan dapat mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian yang telah Pemerintah Kabupaten Cirebon peroleh dalam pemeriksaan laporan keuangan daerah tahun anggaran 2015.

Untuk itu, menjadi kebutuhan yang mendesak  agar dapat mengambil langkah dan memulai lembaran baru dalam bentuk perubahan-perubahan kebijakan untuk pengelolaan barang milik daerah. Sebagai salah satu langkah awalnya adalah upaya peningkatan kemampuan Sumber Daya Apartur melalui Bimtek pengelolaan barang milik daerah.

Bupati Cirebon mengatakan, kegiatan Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah menjadi kegiatan prioritas bagi kepentingan pemerintah daerah. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka dalam kegiatan ini saya berharap agar dapat memberi nilai tambah dalam peningkatan kemampuan dan ketrampilan khususnya bagi para pengurus barang, pembantu pengurus barang dan pengurus barang pembantu di SKPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Untuk itu, kepada para peserta Bimtek saya berharap agar kesempatan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya dalam menggali ilmu dan bertukar informasi dalam upaya peningkatan kemampuan Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Bupati Cirebon berharap, khususnya kepada para nara sumber untuk dapat memberikan informasi dan masukan, agar nantinya dapat dikembangkan serta diterapkan sistem yang tepat bagi pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Cirebon, sekaligus juga untuk dapat disebarluaskan kepada aparatur yang lain yang mendukung kesempurnaan penatausahaan Barang Milik Daerah.

Selain itu, saya juga berharap agar nara sumber bisa memberikan semua ilmu dan kemampuannya serta memberikan informasi yang benar dan terbaru, sehingga dapat diaplikasikan oleh para peserta untuk pelaksanaan tugas dan fungsi kesehariannya di instansi masing-masing.(Bens/Edys, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.