Bupati Cirebon Buka O2SN dan FLS2N

2Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si membuka kegiatan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) dan FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017, Rabu (05/04) yang dilaksanakan di Stadion Ranggajati Sumber.

Pembukaan tersebut berlangsung sangat meriah dengan penampilan Defile  peserta yang mewakili 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon. selain iring-iringan para peserta, dalam pembukaan tersebut juga ditampilkan kreativitas berupa tarian colosal dari para siswa.

Pembukaan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Cirebon, Ketua TP PKK sekaligus sebagai Ketua KONI Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, para Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Cirebon, para Kepala Sekolah SD dan SMP serta Pengawas Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Cirebon dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Drs. H. Asdullah, MM Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon menyampaikan kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan yakni : pertama, meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga dan seni; yang kedua, meningkatkan mutu akademis; yang ketiga, menciptakan kondisi kompetetif sesamanya; yang keempat, melatih sifat sportivitas dan tanggung jawab; yang kelima, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olah raga dan seni; yang keenam, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air; serta yang ketujuh, melestarikan seni dan budaya, baik lokal maupun nasional.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya kondisi peningkatan kesehatan jasmani siswa di sekolah, sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis dan yang kedua adalah hasil juara1 nomor perorangan dan regu yang terpilih akan mewakili Kabupaten Cirebon ke Tingkat Provinsi Jawa Barat

Peserta kegiatan ini adalah siswa SD, SMP Negeri dan Swasta perwakilan dari 40 kecamatan yang terdiri dari siswa SD 1250 siswa dan  SMP 780 siswa yang meliputi cabang kegiatan atletik, renang, bulutangkis, karate, dan pencak silat yang dilaksanakan sejak 5 sampai 10 April 2017.

Sedangkan dalam sambutannya Bupati Cirebon menyampaikan ucapan rasa bersyukur karena di lingkungan Dinas Pendidikan  Kabupaten Cirebon sudah maju selangkah dari Kabupaten lain, khususnya dicabang olahraga catur pada tahun 2016, dan berkesempatan berlaga di Tingkat Internasional. Namun demikian untuk mengembangkan bakat dan minat baik akademik maupun non akademik, guna memenangkan persaingan di era global ini setidaknya harus memiliki satu kesamaan yaitu fokus pada pendidikan dengan senantiasa meningkatkan kualitas serta aksebilitas pendidikannya.

“Kegiatan O2SN dan FLS2N yg digelar setiap tahun, tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar,” Ujar Bupati.

Sebanyak 40 Kecamatan yang ada di Kab. Cirebon, mengikuti kegiatan O2SN yang pesertanya terdiri dari siswa SD dan SMP. “Dalam olimpiade olah raga siswa nasional dan festival lomba seni siswa nasioanl  merupakan ajang kompetensi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa”,imbuhnya

Selesai sambutan, Bupati Cirebon ditemai Ketua Koni Kabupaten Cirebon dan unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda pertandingan akan dimulai.(Bens, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.