DESA CIAWIGAJAH YAKIN MASUK TIGA BESAR

Desa Ciawigajah ditunjuk sebagai perwakilan desa dari Kabupaten Cirebon dalam rangka penilaian kesatuan gerak PKK KB Kesehatan tingkat Provinsi Tahun 2018, Kamis, (6/12/18) Tim Recheking mengunjungi sekaligus melakukan penilaian terhadap kesatuan gerak PKK Ciawigajah.
Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Recheking Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jwa Barat beserta rombongan, Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas/ Badan selaku Pembina PKK Kabupaten Cirebon, Ketua Tim Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon beserta pengurus, Camat Beber beserta Koordinator Tim Penggerak PKK Wilayah, Penggerak PKK Kecamatan Beber, Kuwu Desa Ciawigajah beserta pengurus Tim Penggerak PKK Desa Ciawigajah, Pembina PKK Kecamatan Beber, para pemuda dan pemuda BKR Desa Ciawigajah, dan undangan.
Acara diawali dengan persembahan beberapa kreasi seni dari Bimbingan Kegiatan Remaja Desa Ciawigajah dan dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu Kebangsaan Indonesia raya dan Mars PKK.
Sambutan Pj Bupati Cirebon yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno., M.Si mengatakan “bahwa merasa bangga atas kunjungan Tim Recheking Tingkat Provinsi Jawa Barat karena Desa Ciawigajah ini merupakan pelaksana terbaik dalam kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2018 di Kabupaten Cirebon yang telah dilaksanakan selama hampir dua bulan pada September sampai dengan Oktober 2018.” Apabila melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh kesatuan gerak PKK Desa Ciawigajah, yakin tiga besar sudah dipegang.”
Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Cirebon serta mendukung gerakan Keluarga Berencana dan kesehatan terkait dengan 10 program PKK yaitu program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat dilakukan secara nyata sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat. Kegiatan Tim Penggerak PKK merupakan kegiatan terpadu dan terintegrasi dengan program dinas/instansi sehingga PKK tanpa dinas/instansi tidak mungkin dapat leluasa bergerak begitu pula sebaliknya. Momentum kesatuan gerak PKK KB Kesehatan yang telah dimulai sejak Tahun 1994 merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut hari kesatuan gerak PKK yang jatuh pada Tanggal 4 Maret sesuai surat keputusan Ketua Umum TP PKK Pusat Nomor 05/kep/pkk/pst/2010 tanggal 30 Juli 2010dan Hari Keluarga yang diperingati setiap Tanggal 29 Juni.
Sedangkan sambutan dari Tim Recheking Provinsi Jawa Barat dan merupakan Unsur Tim Pokja IV Provinsi Jawa Barat Ibu Nurbaeti atau Ibu Onih yang membacakan sambutan ketua Tim Recheking mengatakan bahwa penilaian untuk tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bahwa tahun ini harus mempresentasikan langsung kepada Ibu Ketua Ibu Athalia kelebihan dan kekurangan dari tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa sehingga nantinya akan transparan sehingga betul-betul layak menjadi juara dan dapat dilihat rapotnya untuk belajar dan membandingkan agar bisa menyempurnakan kembali, sehingga penilaiannya menjadi penilaiannya obyektif sesuai dengan hasil yang ada di lapangan. Pada Bulan Oktober 2018 TPP PKK Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan di 27 kabupaten/kota se Jawa Barat. Kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan meliputi tiga kategori yaitu Kesatuan gerak PKK yang didalamnya mencakup kegiatan PKK KKBPK dengan salah satu fokus kegiatannya yaitu pengembangan kampung KB, perilaku hidup bersih sehat atau PHBS dengan folus di tatanan rumah tangga, lingkungan bersih sehat berdasarkan monitoring evaluasi yang telah selesai dilaksanakan. “Melalui recheking hari ini diharapkan dapat diperoleh peringkat pelaksana terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat untuk semua kategori yaitu kegiatan satuan gerak PKK KKBPK Kesehatan, Perilaku hidup sehat dan bersih atau PHBS serta lingkungan bersih sehat PHBS yang juara satunya akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk diajukan ke Jakarta untuk tingkat nasional.”kata Nurbaeti.
Acara dilanjutkan dengan wawancara kepada seluruh kader PKK Desa Ciawigajah dan ditutup dengan rangkaian kunjungan ke lapangan.(iNtAn.VY, Benandi-Diskominfo)

 

Translate »
No announcement available or all announcement expired.