DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON GELAR WAYANG GOLEK CEPAK

DSC_0052Minggu (15/05/2016) Dalam rangka penyebar luasan informasi melalui kesenian tradisional, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon pada tanggal 15 Mei 2016 bertempat di desa Pakusamben Kecamatan Babakan mengadakan pegelaran kesenian tradisional berupa pegelaran wayang golek cepak dengan dalang Ki Ruslan dari desa Pakusamben Kecamatan Babakan dan diiringi oleh Sinden Nyi. Elin Komala Sari dan Nyi Kapsah dengan mengambil Lakon Elang Kalam.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah dalam rangka penyebar luasan informasi pembangunan baik skala Nasional, Regional maupun Daerah yang sedang digalakan melalui Kesenian pertunjukan rakyat tradisional yang komunikatif agar masyarakat luas mengetahui dan memahami akan pelaksanaan pembangunan saat ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon yang diwakili Kepala Bidang Sarana Komunikasi Desiminasi Informasi (SKDI) Drs, Sukiman pada sambutannya mengatakan Dinas Komunokasi dan Informatika Kabupaten Cirebon dalam melaksanakan tugasnya khususnya dibidang informasi menggunakan berbagai media diantaranya, media tatap muka, media elektronika, media tulis berupa surat kabar dan lainnya juga dengan media internet.

Sesuai dengan tugas pokoknya Diskominfo melaksanakan pembangunan dibidang informasi dengan tujuan agar masyarakat luas lebih memahami tentang pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Kuwu Pakusamben  mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih  dengan adanya kegiatan tersebut karena masyarakat akan mengetahui apa saja yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Perlu diketahui bersama bahwa pertunjukan wayang golek cepak yang digelar ini mengandung 3 unsur yaitu unsur pelestarian budaya dimana wayang golek ini merupakan budaya kita yang perlu kita lestarikan sehingga anak cucu kita kelak dikemudian hari dapat mengetahui budaya asli daerahnya, yang kedua merupakan tuntunan bagi kehidupan kita dimana dalam pegelaran digambarkan beberapa tokoh sinatria maupun durjana yang pada hakekatnya merupakan gambaran dari diri kita sendiri dan yang terakhir adalah unsur tontonan atau hiburan dimana kita dihubur oleh merdunya suara sinden dan gamelan.

Dalam pagelaran wayang golek cepak ini dipertontonkan berbagai perbuatan yang pada akhirnya kejahatan pasti akan terkalahkan oleh kebenaran.

Hadir pada kesempatan tersebut Jajaran Polsek Babakan, Jajaran Koramil Babakan, Dinas instansi dilingkungan Kecamatan Babakan, Camat Babakan beserta jajaranya, kepala desa Pakusamben beserta perangkatnya serta masyarakat desa sekitarnya. (Sahidin, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.