Diskominfo Kenalkan Si-Jimat kepada Aparatur Desa

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon melalui Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Aparatur Desa Tahun 2018 yang diikuti  40 peserta  dari 20 desa  yang ada di  wilayah Kabupaten Cirebon  di Hotel Sutan Raja Cirebon, Senin (22/11/18).

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon Fifi Erneti, S.Sos menyampaikan, maksud dan tujuan Bimtek ini adalah untuk memberikan pengetahuan teknis tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dalam tata kelola Pemerintahan Desa (Pemdes).

Materi yang disampaikan narasumber dari Komunitas TIK Kabupaten Jingga Media yaitu internet untuk promosi desa, Penanggulangan Hoax dan Radikalisme, Media Sosial sebagai Penunjang Kinerja Aparat Desa dan sosialisasi Aplikasi Jendela Informasi Masyarakat (SI-JIMAT).

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon, Sugeng Darsono, SH.,MM menyampaikan, bahwa era informasi yang didukung satu kekuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan manusia sehari-hari, seperti cara kerja dan mengelola organisasi. Oleh sebab itu, implementasi dan pemanfaatan TIK terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan mau tidak mau harus mampu mengubah paradigma lama, yakni melakukan alih teknologi informasi dari Pemerintahan Tradisional menjadi Pemerintahan Elektronis atau Digital.” Kami menginginkan kemajuan kekuatan TIK ini bisa dimanfaatkan sebagai penunjang penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Cirebon, agar Kabupaten Cirebon dapat bersaing dengan Kabupaten/ Kota lain dan mewujudkan Kabupaten Digital.” Tegasnya.

Bagi Pemerintah Desa, TIK tentu dapat memberikan dampak positif, seperti meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, promosi potensi desa, serta memudahkan koordinasi antar lembaga pemerintah.

Guna mencapai tujuan tersebut, tentu dibutuhkan sumber daya aparatur yang handal dan memiliki kepedulian terhadap teknologi informasi. Sangat diharapkan seluruh aparatur desa mau membuka diri dan wawasan terhadap perkembangan Teknologi Informasi.

Sebagai dinas teknis yang bertanggung jawab terhadap perkembangan TIK di Kabupaten Cirebon, Diskominfo Kabupaten Cirebon senantiasa berusaha meningkatkan pembangunan infrastruktur dan layanan bidang TIK.

Selain itu, Diskominfo telah membangun aplikasi jendela informasi masyarakat (Si-Jimat), yang merupakan portal informasi lengkap dan akurat yang terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi yang dibangun pemerintah kabupaten cirebon.

Sebagai bentuk tanggung jawab diskominfo terhadap perkembangan TIK adalah  dengan memberikan pelatihan maupun bimbingan teknis dalam bidang TIK terhadap berbagai kalangan, seperti pelajar, pegawai, aparatur desa, dan sebagainya.

“Melalui bimbingan teknis TIK ini, saya optimis sumber daya aparatur desa dapat lebih memahami manfaat TIK, sehingga diharapkan dapat mengimplementasikan TIK dalam kegiatan pemerintahan sehingga meningkatkan mutu pelayanan sebagai Aparatur Pemerintahan Desa. Lanjut Sugeng. (Bens/Edys, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.