Festival Pedalangan Tingkat Kabupaten Cirebon

Picture 113Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon menggelar Festival Pedalangan Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015 bagi Pemula dan Dalang Madya, Selasa (26/05/2015) malam berlangsung di Panggung Budaya Disbudparpora Sumber.

Festival Pedalangan Tingkat Kabupaten Cirebon ini berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh 18 dalang, dengan juri dari Budayawan Drs. H. Askadi Sastra Suganda, dalang H.Mansur dan dalang Munasa.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudparpora  Kabupaten Cirebon H. Sarka, S.Pd selaku Panitia Penyelenggara  mengatakan festival dalang kali ini merupakan festival  yang ke-3 kalinya, dimana sarana ini merupakan media pembinaan dan uji kemampuan bagi para dalang muda, dalang madya dan dalang pemula, sehingga diharapkan pada pagelaran nanti dalang tersebut dapat menampilkan dengan maksimal.

Kepala Disbudparpora Drs. H. Ma’mun Efendi, SH pada kesempaatan itu menyampaikan bahwa  festival pedalangan merupakan suatu ajang uji kompentensi serta unjuk keahlian para dalang dimana para dalang pemula, dalang muda dan dalang madya merupakan generasi penerus bagi para dalang senior, sehingga pelestarian Wayang Kulit Purwa dapat kita pertahankan.

Pertunjukan wayang yang berisi tuntunan dan tontonan diharapkan kepada para dalang dalam membeberkan lakon  agar mengandung tuntunan baik masalah kemasyarakatan, masalah keagamaan maupun masalah pembangunan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Festival Pedalangan sebagai penguatan pengetahuan bagi para dalang, baik  dalam pementasan maupun sarana dan prasarana, juga untuk melestarikan pertunjukkan wayang kulit purwa sehingga Wayang Kulit Purwa tidak akan punah.

Hadir pada kegiatan tersebut Jajara Disbudparpora, jajaraan Dewan Kesenian Cirebon, jajaran Pepadi para dalang dan sejumlah undangan lainnya. (Bens & Sahidin, Diskomimfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.