Festival Sastra Cerbon

Kegiatan festival ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas sketsa pribumi Kabupaten Cirebon yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon. Minggu 16, Desember 2018 yang bertempat di Depan Kantor Kepala Desa Kaliwedi Kidul diselenggarakan Festival Sastra Cirebon. Tiga tokoh pegiat bahasa Cirebon mendapatkan Penghargaan Wiratara.

Pendiri Komunitas Sketsa Pribumi, Imam Emje yang juga ketua pelaksana mengharapkan, dengan terselenggaranya acara tersebut masyarakat menjadi lebih sadar terhadap pelestarian budaya di daerahnya. “Ada beberapa rangkaian acara pada festival tersebut pameran, kegiatan mainan tradisional bersama masyarakat sekitar serta anak-anak sekolah, sore harinya ada pertunjukan pencak silat, sedangkan malam harinya ada acara inti yaitu penerimaan penghargaan kepada penggiat bahasa cirebon yaitu ada tiga tokoh yang pertama mamae titin atau Dr. Askadi, Sunarto dan Pandu M.Nur” Ujar ketua Sketsa Pribumi. Selain itu, masyarakat diharapkan lebih mencintai dan menggunakan bahasa daerah dalam kesehariannya berkomunikasi.

Tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga terselenggaranya Festival Sastra Cirebon.

Selain Festival Sastra dan penyerahan plakat kepada tiga tokoh pegiat bahasa Cirebon, pameran karya pemuda dan perlombaan dolanan anak tradisional turut memeriahkan acara inti. Dolanan atau mainan tradisional yang akan dilombakan diantaranya loncat karet gelang, egrang, gobak sodor, congklak, engklek, dan masih banyak lagi.

Sedangkan menurut Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon Drs. H. Hartono, MM mengatakan Festival Sastra Cirebon merupakan kegitan yang bertujuan untuk melestarikan serta membudayakan kearifan bahasa lokal yaitu Bahasa Cirebon. Saya atas nama Pribadi mengucapkan selamat kepada Penerima Anugerah Wiratara Basa Cerbon 2018 (pegiat basa cerbon): yang pertama Sunarto Marta Atmaja (Bidang Musisi ), yang kedua. Nurdin M Noer ( Bidang Jurnalis) dan yang ketiga Drs H Askadi Sastra Suganda ( Bidang Pedalangan). Semoga menjadi motivasi bagi para pemuda untuk lebih mencintai basa daerah (basa cerbon). Beliau juga secara langsung menyerahkan penghargaan kepada ketiga penerima tersebut.(edys/kominfo,senin-17-Desember-2018).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.