Jajaran Kesehatan Ikuti Upacara Peringatan HKN Ke-51 Tingkat Kabupaten Cirebon

8Jajaran Kesehatan se-Kabupaten Cirebon mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional  (HKN) ke-51 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015 dengan mengusung tema “Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri”  , Kamis (12/11) yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Cirebon di Sumber.

Hadir dalam Peringatan ini unsur Muspida, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, para Kabag, Asisten dan Staf Ahli Bupati, serta  Kepala OPD/Camat se-Kabupaten Cirebon.

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si. Dalam amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr.dr Nila Farid Moeloek, Sp.M (K), Bupati Cirebon menyampaikan ucapan “ Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-51” kepada jajaran Kesehatan, para Pemangku Kepentingan, Mitra Kesehatan dan seluruh elemen masyarakat Sebangsa dan Setanah Air.

Di Era 2014-2019, Presiden Republik Indonesia menggagas Gerakan Revolusi Mental dan menetapkan Sembilan Agenda Prioritas yang disebut Nawa Cita.

Sembilan Agenda Prioritas tersebut digunakan untuk mewujudkan Visi Pembangunan Nasional yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Program ini digagas untuk menunjukan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Peringatan HKN tahun ini sungguh dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat di seluruh penjuru negeri agar bangkit dan meninggalkan cara menjaga kesehatan yang bersifat kuratif menuju semangat preventif adalah salah satu tugas Kementerian Kesehatan.

Melalui berbagai strategi komunikasi dan kampanye aksi Cerdik Cek Kesehatan Rutin, Enyahlah Asap Rokok, Rajin Aktifitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stres) adalah salah satu edukasi yang dilakukan berbagai tatanan masyarakat mulai dari sekolah, rumah tangga, tempat kerja, tempat ibadah dan tempat-tempat umum.

HKN ke-51 ini tentunya merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan, semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat  untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi Konsep Pembangunan Nasional kita.

Oleh karenanya dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Nasional, serta sejalan dengan tema Hari Kesehatan Nasional ke-51 ini, saya meminta perhatian beberapa hal :

Pertama Pembangunan Kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Disamping unsur pendidikan dan ekonomi. Untuk itu sebagai investasi, orientasi Pembangunan Kesehatan harus lebih didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif rehabilattif melalui pendekatan keluarga.

Kedua pendekatan pembangunan kesehatan berbasis Continum Of Care dari mulai ibu hamil, bayi dan balita, anak usia sekolah dan remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia.

Ketiga diperlukan kerjasama baik program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain, sebagai bentuk tanggung jawab bersama akan masa depan bangsa, khususnya kualitas SDM yang mampu bersaing dengan bangsa lain di muka bumi dengan akan dimulainya Masyarakat Ekonomi Asean.

Keempat menumbuhkan Semangat Revolusi Mental di jajaran Kesehatan agar dapat menumbuhkan budaya Birokrasi yang professional, tranparan, partisipatif, akuntabel dan memiliki kredibilitas yang disadari etika, serta integritas pengabdian yang tinggi sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Dalam amanat Menteri Kesehatan, Bupati mengajak semua untuk mengikuti rangkaian peringatan HKN ini, untuk mengenang para Pejuang Pembangunan Kesehatan, meneladani hal-hal yang telah mereka lakukan dan mendoakan mereka, khususnya yang telah wafat agar mendapatkan ampunan serta tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Selanjutnya, Bupati mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam pelaksanaan Pembangunan Kesehatan yang sudah kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dalam apel HKN ini Bupati Cirebon memberikan penghargaan kepada Puskesmas Beber sebagai Puskesmas Terbaik Tingkat Provinsi Jawa barat dan dr. Hijrah sebagai dokter teladan dari Puskesmas Plumbon. Bupati Cirebon juga melakukan penyematan Pin secara simbolis kepada siswa/siswi sebagai Duta PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Selesai Upacara Bupati Cirebon menandatangani Pernyatan Dukungan yang dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon dan Pejabat lainnya yang bertuliskan “Kami siap mendukung untuk suksesnya Duta PSN Anak Sekolah di Kabupaten Cirebon”.

(Bens/Sahidin,Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.