Pemkab Cirebon Gelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan TCR Penanggulangan Bencana

Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan  Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana dalam rangka Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan di Stadion Ranggajati Sumber, Senin (26/11/18).

Apel Gelar Kesiapsiagaan Pasukan  Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Cirebon Dr.Ir.H. Dicky Saromi, M.Sc yang diikuti oleh TRC yang terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD, SKPD/Instansi terkait, Basarnas, Organisasi Masyarakat Kebencanaan dan Komunitas Relawan Penanggulangan Bencana.

Didampingi Forkopimda Kabupaten Cirebon, Penjabat Bupati Cirebon meninjau pasukan TRC dan peralatan yang ada di pinggir lapangan Ranggajati. Dalam apel tersebut Penjabat Bupati Cirebon juga memberikan rompi secara simbolis kepada peserta apel.

Dalam amanatnya, Penjabat Bupati Cirebon menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi  serta penghargaan yang setinggi-tingginya  atas dedikasi dan peran serta TRC Penanggulangan Kabupaten Cirebon  telah sigap membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor pada bulan Februari dan Maret 2018 di beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon yang dinilai cukup berhasil.

Ada 7 prioritas yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk menurunkan indeks resiko bencana yaitu : Perkuatan kebijakan dan kelembagaan,  Pengkajian resiko dan perencanaan terpadu,  Pengembangan sistem informasi, diklat, dan logistik, Penanganan tematik kawasan rawan bencana, Peningkatan efektitivitas pencegahan dan mitigasi bencana, Persiapan kesiapsiagaan dan penanganan darurat bencana, dan Pengembangan sistem pemulihan bencana.

Penjabat Bupati Cirebon mengatakan, pada saat  ini Pemerintah Kabupaten Cirebon menetapkan Siaga Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor terhitung mulai tanggal 01 November 2018 sampai dengan 31 Mei 2019, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya penanganan kesiapsiagaan keadaan darurat, sehingga mampu menghilangkan atau meminimalisir dampak bencana melalui penanganan yang bersifat cepat, tepat, dan terpadu.

Dalam upaya mitigasi diperlukan kerjasama dan langkah kongkrit dari seluruh pihak sebagai upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan dampak bencana yang mungkin akan terjadi di Kabupaten Cirebon. “Melalui Apel Gelar Kesiapsiagaan Pasukan TRC Penanggulangan Bencana, saya menghimbau kepada seluruh pihak untuk mengoptimalkan upaya mitigasi bencanan bukan hanya pada masa terjadinya bencana” tegasnya. (Bens/Edys, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.