Pemkab Lakukan Penilaian Pejabat Eselon III

dalamSetelah melakukan assesment terhadap 35 pejabat eselon II pada Senin-Selasa kemarin, dalam rangka peningkatan kinerja pejabat pemerintah di Kabupaten Cirebon, pemerintah daerah Kabupaten Cirebon pada tanggal 7 Desember 2016 telah melakukan assesment terhadap pejabat eselon III di lingkungan Pemda Kabupaten Cirebon.
Recananya assesment terhadap 50 pejabat eselon III ini akan digelar hingga tanggal 8 Desember 2016, dalam pelaksanaannya terdapat perbedaan bagi pejabat eselon II dan III yang mengikuti assesment tersebut, di antaranya bagi pejabat eselon III tidak diharuskan membuat karya tulis ilmiah.
Pada kesempatan tersebut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al-Ghifari Gunawan, assesment meliputi tes potensi akademik, tes psikologi, wawancara, serta focus group discussion. Selain itu, juga diberikan tes berupa pemecahan masalah yang paling krusial yang terjadi di OPD masing-masing. Secara keseluruhan tes yang diberikan tidak jauh beda dengan pejabat eselon I.
Lebih lanjut seluruh hasil assesment nanti akan diberikan kepada Bupati sebagai bahan pertimbangan saat akan melakukan proses mutasi dan rotasi yang rencananya akan digelar pada 30 Desember mendatang. Satu pejabat akan keluar tiga rekomendasi untuk tiga posisi, rekomendasi inilah yang nantinya akan diberikan Bupati. Langkah ini dilakukan guna reformasi birokrasi yang terkandung di dalam Undang Undang Aparatur Sipil Negara Nomor 5 Tahun 2014, sehingga penempatan ASN di suatu organisasi perangkat daerah tidak bisa sembarangan dilakukan.
Pada kesempatan tersebut Bupati Cirebon H Sunjaya Purwadisastra mengatakan, proses mutasi dan rotasi pada 30 Desember kemungkinan akan dilakukan seharian. Menuju Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) baru, mutasi dan rotasi ini hampir akan menyeluruh terjadi di tiap OPD. Nanti akan dibagi-bagi paginya saya melantik pejabat eselon II, kemudian siangnya akan melantik pejabat eselon III, dan seterusnya. Jadi, mutasi dan rotasi ini kemungkinan besar akan digelar seharian.
Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan assement. ( Sahidin, Jamal- Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.