Pemerintah Kabupaten Cirebon Gelar Outbound Kebangsaan 2016

dalamPemerintah Kabupaten Cirebon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) menggelar Outbound Kebangsaan Tahun 2016 dengan Tema “ Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat”.
Kegiatan Outboud tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Kesbanglinmas Kabupaten Cirebon Drs. H. Harry Safari M, MM dalam upacara pembukaan dan diikuti oleh pelajar serta pemuda, Jum’at pagi (16/12) di Bumi Pancasila Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Hadir juga Kepala Bidang Kesbanglinmas dan jajarannya, Ketua FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) dan anggotanya.
Dalam sambutan Kepala Kesbanglinmas H. Harry menyampaikan, Negara lain mengatakan bahwa Indonesia laksana zamrud khatulistiwa, ribuan pulau besar dan kecil terhampar dari sabang sampai merauke. Penduduknya beraneka ragam, kemajemukan itu adalah ras, etnis, suku, adat, budaya, agama, maupun bahasa. Pemerintah berkewajiban membina, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman disintegrasi bangsa yang akan mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Dalam rangka memelihara, menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta melestarikan nilai-nilai sosial budaya di masyarakat, mengembangkan kehidupan demokrasi, menjalin komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkembangkan keharmonisan kebangsaan, maka perlu dibeentuk Forum Pembauran Kebangsaan di daerah
Melalui kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam membina kerukunan antar etnis dan kesukuan sesuai dengan tugas dan kemampuannya masing-masing.
Sesuai dengan tugas dan fungsi dari Badan Kesbanglinmas Kabupaten Cirebon sebagai leading sektor Program Pemerintah Kabupaten Cirebon, khususnya Bidang Ketahanan Bangsa memfasilitasi kegiatan-kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan di Kabupaten Cirebon sebagai bentuk apresiasi dan dukungan atas keberadaan komunitas dan paguyuban-paguyuban kebangsaan yang ada di Kabupaten Cirebon.
Untuk mewujudkan dan memelihara keharmonisan antar suku, ras dan etnis di Kabupaten Cirebon, kami menyelenggarakan Outbound Pembauran Kebangsaan yang diselenggarakan selama dua di Bumi Pancasila sekaligus mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan yaitu : Pacasila sebagai Idieologi dan Dasar Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi Negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara dan NKRI sebagai bentuk Negara yang akan disampaikan oleh para nara sumber bertujuan : 1. menjaga agar tidak terjadi disintegrasi bangsa, 2. Memelihara keharmonisan dan kebergaman, 3. Menghargai dan mengakui adanya perbedaan, 4. Menjaga Persatuan dan Kesatuan, dan 5. Melestarikan adat, budaya, bahasa dan sosial di masyarakat.
Mari kita menjaga keharmonisan diantara kita, saling memahami dan menghormati atas perbedaan yang ada. Kegiatan outbound kebangsaan memiliki makna menjalin kerukunan untuk saling asih, saling asah dan saling asih. Forum Pembauran Kebangsaan adalah pelopor pemersatu bangsa. Kalau bukan kita siapa lagi.
H. Harry berpesan selama mengikuti kegiatan ini, karena cuaca ekstrim, mohon agar menjaga kesehatan, kebersamaan, jalin keakraban dan persahabatan.(Bens, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.