PENCANANGAN KAMPUNG PRODUKTIF DALAM RANGKA PROGRAM KABUPATEN CIREBON BEBAS PENGANGGURAN DI DESA CIWARINGIN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

Sumber, 14 November 2017 bertempat di Halaman Depan Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon Bupati Cirebon DR.H.Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si membuka secara resmi Pencanangan Kampung Produktif Dalam Rangka Program Kabupaten Cirebon Bebas Pengangguran di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Acara tersebut diselenggarakan oleh Disnakertrans, Kabupaten Cirebon.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Camat Ciwaringin, Camat Gempol, Camat Palimanan, Kapolsek Ciwaringin, Danramil Ciwaringin, Kepala Desa     se Kecamatan Ciwaringin dan para warga Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin. Pencanangan Kampung Produktif ini menurut Kepala Disnakertrans Drs. H. Abdullah Subandi mengatakan “ibu-ibu maupun generasi penerus perempuan jangan malu jadi pengrajin batik dan emping, karena selain bisa menambah penghasilan keluarga juga mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kecamatan Ciwaringin khususnya, pada umumnya masyarakat Kabupaten Cirebon”

H. Sunjaya Purwadisastra, MM,.M.Si mengatakan dalam sambutannya berdasarkan data BPS Tahun 2016 jumlah penduduk Kabupaten Cirebon sebanyak 2.263.978 Jiwa, sedangkan jumlah angkatan kerja mencapai 1.047.376 orang dari jumlah tersebut yang sudah bekerja 951.855 orang dan masih terdapat jumlah pengganggur terbuka sebanyak 95.521 orang.

Disisi lain dengan Luas Wilayah Kabupaten Cirebon yang cukup potensial namun belum dimanfaatkan sepenuhnya dan lebih memilih berbondong-bondong melakukan urbanisasi ke kota-kota besar bahkan berangkat keluar negeri dengan harapan dapat merubah taraf hidupnya. Namun harus menempuh segala resiko yang besar. Pengembangan kampung produktif diharapkan dapat mendorong kelompok-kelompok masyarakat wirausaha dalam menggali potensi di wilayahnya, sehingga menciptakan perluasan kesempatan kerja yang seluas-luasnya.

Program Kampung Produktif merupakan program yang dirancang untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa dengan mengembangkan potensi desa baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam dan teknologi yang dimilikinya sehingga dapat meningkatkan produktivitas SDM pedesaan. Program Kampung Produktif merupakan program membangun desa dengan memadukan kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon melalui kegiatan tenaga kerja mandiri dan diharapkan adanya sinergitas dari kegitan-kegiatan yang lainnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan peninjauan oleh Bupati Cirebon beserta jajarannya ke stand batik dan emping khas Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.(edy’sDiskominfo)(14/11/2017).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.