PERINGATAN BULAN BHAKTI GOTONG – ROYONG MASYARAKAT KE XV

Dalam rangka meningkatkan kesadaran bergotong royong dalam kebersamaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cirebon pada Hari Rabu, 25 April 2018, bertempat di Lapangan Pataraksa Sumber Cirebon menyelenggarakan Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2018 yang mengangkat tema “ Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan untuk mewujudkan Indonesia damai.
Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari DPRD Kabupaten Cirebon, Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon beserta Ibu, Para Pimpinan Satuan Perangkat Daerah,, Kepala Dinas PMD Kabupaten Cirebon beserta jajarannya, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Cirebon, para camat se Kabupaten Cirebon, para pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat, para kuwu, lurah, para kader PKK, para anggota Organisasi Wanita, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, para alim ulama, para pemenang lomba dan undangan.
Acara diawali dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ibu Syarifah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PKK. Ibu Wakil Ketua tiga PKK Ibu Dadang Tresnayadi mengatakan bahwa: Kegiatan PKK tanpa terasa telah berkiprah seluruh pelosok nusantara selama 46 tahun, pada hakekatnya adalah perhitungan yang didasarkan pada ketentuan yuridis formal sedangkan secara faktual sesungguhnyalah gerakan PKK sudah berkiprah sejak tahun 1960an jadi sebenarnya sudah setengah abad, dengan rentang waktu itulah gerakan PKK senantiasa ikut menggerakan peran serta keluarga-keluarga dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Diharapkan agar kita sebagai keluarga besar PKK tidak menjadi jumawa maupun berbangga hati secara berlebihan secara prinsip dan semangat pengabdian kita selaku relawan, namun hendaknya bersikap rendah diri namun dapat rendah hati dalam kebajikan untuk semua umat dan keluarga. Dan Tema pada kegiatan pada hari ini mengandung makna melalui momentum ini diharapkan segenap jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang disemua tingkatan senantiasa bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga-keluarga di Indonesia.
Laporan kegiatan yang dilaporkan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Cirebon Drs. H. Memet Surahmat melaporkan bahwa: Dasar penyelenggaran UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, keputusan Presiden Nomor 40 Tahun 2001 tentang pengertian ketahanan desa, laporan mendagri Nomor 42 Tahun 2005 tentang pedoman pelaksanaan bulan bakti gotong-royong masyarakat, peraturan Mendagri Nomor 1 Tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan program kerja Tim Pembina pemberdayaan kesehatan keluarga PKK Tahun 2018. Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembangunan dibidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial, budaya, agama dan bidang lingkungan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa menuju penguatan pergerakan legitasi bangsa, dan bertujuan meningkatkan peran aktif masyarakat dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan dalam penguatan kewaspadaan masyarakat sehingga kesenjangan kehidupan masyarakat pedesaan dan perkotaan tidak semakin melebar yang dapat berdampak pada timbulnya kecemburuan sosial yang dapat mengarah pada disintegrasi sosial bahkan disintegrasi bangsa. Sasarannya adalah meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.
Sedangkan Bapak Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Rahmat Sutrisno yang membacakan sambutan Plt Bupati mengatakan bahwa: Acara hari ini merupakan kelanjutan dari seluruh rangkaian kegiatan yang diagendakan secara nasional yang diawali dengan penyelenggaraan di tingkat nasional dilanjutkan dengan penyelenggaraan ditingkat Provinsi Jawa Barat dan penyelenggaraan di tingkat Kabupaten. Dan merasa bangga karena kegiatan ini sebagai langkah k untuk ditindaklanjuti untuk ditingkat kecamatan dan desa atau kelurahan, dan merupakan melestarikan dan meningkatkan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat untuk mewujudkan semangat kebersamaan yang berintegritas dan mandiri bahkan dapat dijadikan momentum untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta peran aktif masyarakat untuk menguatkan integrasi sosial yang akhir-akhir ini cenderung menurun dan acara ini memaknai komitmen PKK untuk tetap eksis memotivasi, memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat dalam meningkatkan para pelaku pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Cirebon.(iNtAn.VY-Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.