SEKDA KABUPATEN CIREBON BUKA BAZAR GELAR PRODUK KOPERASI UMKM

7Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon H. Yayat Ruhyat membuka kegiatan Bazar Gelar Produk Koperasi UMKM dalam rangkaian Hari Koperasi yang ke-69 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Cirebon, Jum’at (24/06) siang di lapangan bola Kasugengan Lor Kecamatan Depok.

Didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon Drs. Abraham Mohammad, M.Si, H. Yayat beserta muspida melakukan peninjauan ke stand bazar usai membuka acara tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon mengatakan  ada beberapa tujuan yang disampaikan yakni yang pertama meningkatkan promosi hasil produksi UMKM melalui kegiatan promosi atau pameran. Yang kedua adalah mempertemukan pelaku UMKM dengan lembaga, Institusi konsumen, sehingga dapat mempromosikannya dari hasil produksi UMKM. Ketiga meningkatkan pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetetif serta pengembangan inovasi, sehingga usaha kecil mikro dan menengah dapat bersaing dengan produk unggulan lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni hari jum’at dan Sabtu, tanggal 24 sampai tanggal 25 juni 2016 bertempat di lapangan bola Desa Kasugengan Lor Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Peserta yang mengikuti bazar ini adalah pelaku UMKM dengan jenis usaha antara lain olahan makanan baik berasal dari perikanan maupun pertanian, olahan minuman, kerajinan batik, konveksi, handikraft dan lain sebagainya. Kegiatan ini juga diikuti peserta dari Instansi Pemerintah dan BUMN, Bank Indonesia, Bulog, PG Rajawali, dan swasta lainnya.

Sementara H. Yayat Ruhyat menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan UMKM dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya menjelang hari raya idul fitri. Produk-produk UMKM Kabupaten Cirebon ada peningkatan seperti di sektor handikraft dan yang lainnya sudah ada peningkatan, tetapi perlu dilakukan upaya-upaya melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang sekarang berupaya melakukan komunikasi dengan pelaku-pelaku usaha dan medatangkan para konsumen-konsumen dalam meningkatkan upaya  peningkatan UMKM.

H. Yayat mengharapkan disamping ada hubungan komunikasi antara UMKM dan Konsumen bazar ini juga dapat dijadikan peran untuk meningkatkan kualitas, produk dan memberikan pelayanan kepada masyarakat menjelang hari raya dan Bulan Suci Ramadhan agar masyarakat merasakan harga-harga yang dilakukan operasi disini seperti harga daging yang di pasaran mencapai Rp. 100.000 lebih di sini hanya Rp. 85.000, beras dan lain-lain. Nah itu langkah-langkah yang disinergiskan oleh Dinas Koperasi dalam rangka mendorong UMKM dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Cirebon.

H. Yayat juga berpesan kepada masyarakat agar ikut terlibat, masyarakat usaha harus ikut meninngkatkan kualitasnya kemudian masyarakat konsumen juga harus ikut membeli barang-barang atau produk-produk yang ada di kita dengan harga yang terjangkau. (Bens/Edys, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.