Srawung Katresnan Manunggaling Para Dalang Cirebon Dan Indramayu

3Dalam rangka persamaan persepsi antar dalang Wayang Kulit Purwa Cirebon dan Indramayu mulai tanggal 25 maret sampai dengan tanggal 27 maret 2017 dilaksanakan Pagelaran Wayang Kulit Purwa Semalam 2 dalang yang dilaksanakan di halaman Kecamatan Weru.

Adapun jadwal pagelaran tersebut yakni sebagai berikut tanggal 25 Maret 2017 dalang Carmun Indramayu dan Dalang Wahyudi Cirebon. Tanggal 26 Maret 2017 dalang Dian Pradita S.SOS Indramayu dan Dalang Amung Suryana Cirebon. Tanggal 27 Maret 2017 dalang Caca Indra Indramayu dan dalang Sugiono Cirebon

Hadir pada kesempatan tersebut Komunitas Penggemar Wayang Kulit Cirebon dan indramayu,Ketua Pepadi Kabupaten Cirebon, Panitia Pagelaran Srawung Katresnan Manunggaling para dalang Cirebon dan Indramayu, Camat Weru dan Muspika Kecamatan Weru serta masyarakat sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut perwakilan dalang dari Indramayu Dalang Caca Indra mengatakan dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang ke 535 dalang Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon bersama-sama mengadakan pagelaran dalam satu malam dan satu cerita namun akan dipagelarkan oleh dua dalang yaitu dalang dari Indramayu dan dalang Cirebon sehingga disini akan terlihat keakraban dan keserasian para dalang wayang purwa dalam menjungjung tinggi budaya bangsa khususnya budaya Cirebon dan Indramayu.

Wakil ketua Pelaksana Dalang Darso pada kesempatan tersebut mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan persamaan persepsi dalam penyajian pagelaran wayang kulit purwa gaya Dermayon dan Cerbonan dimana para dalang wayang kulit selain kita bernaung pada pepakem juga kita menggunakan adat istiadat daerah sehingga  keberadaan wayang kulit purwa baik di Cirebon maupun Indramayu dapat kita lestarikan.

Ketua Pepadi Kabupaten Cirebon Drs. Purjadi pada kesempatan tersebut mengatakan acara semacam ini  sangat baik untuk melestarikan Kebudayaan Cirebon dan Indramayu khususnya wayang kulit purwa sehingga kebudayaan kita tidak akan punah dan dapat kita lestarikan. Selain itu sebagai ajang silaturahmi antar dalang baik dari Cirebon maupun Indramayu.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan pagelaran wayang kulit purwa dengan dalang Ki Caca Indramayu dan diteruskan oleh dalang Ki Sugiono Bahani Cirebon dalam lakon Batara Geguru Dening Prabu Kombayana.(sahidin Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.