TAMAN REKREASI PLANGON

Obyek wisata plangon berlokasi di kelurahan Babakan kecamatan Sumber 10 km dari kota Cirebon. Tempat rekreasi dengan panorama alam yang indah yang di huni oleh sekelompok kera liar. Selain selain tempat rekreasi, terdapat juga makam Pangeran Kejaksandan Pangeran Panjunan .

Puncak acaranya biasa di masa ziarah Plangon tgl 2 syawal, 11 Dzulhijjah dan 27 Rajab. Untuk pengembangan wisata ini meliputi lahan sekitar 10 Ha, dan status tanah ini milik Kesultanan. Kapasitas pengunjung rata-rata sekitar 58.000 pengunjung/tahun. Obyek ini cukup mempunyai prospek untuk di kembangkan , peluang terbuka untuk pengelola lokasi wisata dan wisata dan bangunan makam.

KAWASAN WISATA GUNUNG JATI

Kawasan Perziarahan makam Sunan Gunung Jati yang terletak di desa Astana kecamatan Cirebon Utara, sekitar 6 km dari Kota Cirebon yang di lintasi jalur Cirebon Indramayu. Kawasan ini telah di kenal luas, bahkan hingga ke mancanegara. kawasan ini potensial untuk di tingkatkan menjadi obyek wisata utama, dan tempat ziarah di Cirebon pada khususnya dan untuk pengunjung luar juga pada umumnya, di samping tetap melestarikan sebagai tempat peziarahan.

Arahan pengembangan kawasan wisata makam Sunan Gunung Jati seluas 20 Ha telah di tuangkan dalam RDTR. Dalam pembangunnya dapat di padukan dalam situs kesejarahan yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon seperti makam Nyi Mas Ganda Sari dan makam Ki Gede Trusmi. Pemerintah Kabupaten Cirebon mengundang pada calon investor untuk menata lahan parkir yang belum optimal dengan pola bagi hasil.

KURA-KURA BELAWA

Lokasi wisata ini berjarak kira-kira 25 km dari kota Sumber ke arah timur. Obyek wisata ini memiliki daya tarik dari kura-kura yang mempunyai ciri khusus di punggung dengan nama latin Aquatic Tortose Ortilia norneensis

Menyimpan legenda menarik tentang keberadaannya di desa belawa kecamatan Sedong. Menurut penelitian merupakan spesies kura-kura yang langka dan patut di lindungi keberadaannya. Obyek wisata ini di rencanakan untuk di kembangkan menjadi kawasan yang lebih lengkap Taman kura-kura ( Turle park ) atau “taman reptilia”. Sektor swasta dapat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Cirebon untuk pengelolaan taman kura-kura tersebut.

SITU PATOK

Luas Situ Patok 175 Ha yang terletak di desa Setu Patok sekitar 6 km dari kota Cirebon ke arah Tegal, obyek wisata ini selain mempunyai panorama indah juga tersedia sarana rekreasi air dan pemancingan.

Lokasi ini berpotensi untuk di kembangkan sekitar lahan 7 Ha, dengan status tanah negara . prasarana yang di perlukan pembuatan dermaga, pengadaan perahu motor dan sarana pemancingan. serta pembangunan rumah makan yang arstistik. Jalan ke arah lokasi cukup baik dan lebar, jaringan aliran listrik sudah tersedia dan saat ini minat masyarakat untuk mengunjungi wisata ini cukup banyak.

SITU SEDONG

Terletak di desa Sedong sekitar 20 km dari arah Cirebon, dengan luas lahan 62,5 Ha.

Selain mempunyai panorama yang indah, Situ Sedong ini juga di sebut pula “situ pengasingan” yang merupakan tempat rekreasi air dan pemancingan. pihak pemerintah Kabupaten Cirebon mengundang para investor untuk bermitra dalam pengelolaan wisata ini.

BANYU PANAS PALIMANAN

Obyek wisata ini terletak di desa Palimanan Barat kecamatan Palimanan sekitar 16 km dari Cirebon ke arah Bandung.

Obyek wisata ini merupakan pemandian air panas dengan kadar belerang yang di percaya dapat menyebuhkan penyakit kulit. Pemandian air panas ini ada di sekitar bukit Gunung Kapur Gunung Kromong yang mempunyai keistimewaan mata air selalu berpindah pindah. Pihak investor diundang untuk mengembangkan lokasi ini untuk dijadikan wisata spa.

Translate »
No announcement available or all announcement expired.