36 Kecamatan Bersaing Dalam PopKab 2019

Pemerintah Kabupaten Cirebon Melalui Dinas Kebudayaaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) menggelar Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (POPKab) Cirebon Tahun 2019. POPKab tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon Drs.H. Hartono, MM di GOR Ranggajati Sumber, Senin (11/03/19).

Kepala Bidang Olahraga Disbudparpora Samsuri, S.Sos menyampaikan, kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Cirebon Tahun 2019 dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke-537. Samsuri  menambahkan, ada dua tujuan dalam kegiatan ini yakni yang pertama sebagai pembinaan dan pengembangan bakat olahraga. Yang kedua, sebagai ajang seleksi dan pemantapan kualitas atlet menuju POPDA Jabar Tahun 2019. “Tujuan dari kegiatan ini adalah mencari bakat-bakat olahraga dari setap cabor yang dilombakan, sekaligus penyeleksian atlit yang akan kami ikutsertakan di tingkat Popda tahun depan.” Ujarnya.

Kegiatan POPKab dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 11 sampai dengan 14 Maret 2019, dengan 13 cabang olahraga yang dilombakan yaitu Sepak bola, Tenis meja, Tenis lapang, Bola voli, Pencak Silat, Sepak takraw, Renang, Panahan, Karate dan cabor lain yang akan dilombakan.

Lokasi pelaksanaan masing-masing cabor akan menggunakan fasilitas olahraga yang berada di sekitar Kecamatan Sumber, seperti cabor Sepak bola akan digelar di Makodim Sumber dan Lapangan Bola Desa Lurah Plumbon, Tenis meja akan digelar di GOR Ranggajati Sumber, Tenis Lapang bertemapat di lapang tenis BKPSDM Sumber, Bulutangkis bertemapt di GOR Karangmul Plumbon, bola basket bertemapt di GOR Ranggajati Sumber, bola voly di GOR  Ranggajati Sumber, pencak silat di Gedung PGRI Sumber, sepak takrow di SMPN 1 Sumber, renang di Geulis Kolam renang Sumber, panahan di Makodim 0620 Sumber, gulat di Satrialaga Watubelah, karate di PKD Sumber, taekwondo di gedung NU Sumber. Peserta terdiri dari 40 kecamatan dengan jumlah 1976 atlet pelajar se-Kabupaten Cirebon.

“Olaharaga dapat dijadikan sama halnya dengan membangun generasi yang sehat, cerdas dan produktif. Dan olahraga dapat dijadikan pula sebagai sebagai sarana untuk membentuk nilai-nilai kemanusiaan yang mendasar seperti sportivitas, kerja keras, kerja cerdas, toleransi dan saling menghargai. Atas nama Pemerintah Daerah, selaku Pj Bupati Cirebon melalui Disbudparpora dan Bapopsi (Badan Pembina Olahraga Seluruh Indonesia) selalu berupaya untuk meningkatkan prestasi atlet pelajar dengan program pembinaan, pengembangan bakat, dan prestasi olahraga atlet pelajar, sehingga melalui POPKab ini semoga bisa memantapkan para atlet Kabupaten Cirebon dalam menghadapi POPWil Jabar Tahun 2019 untuk memperolah hasil yang terbaik.” Tutur Pj Bupati dalam sambutannya yang dibacakan langsung oleh kadisbudparpora Kabupaten Cirebon.

Hartono berpesan kepada para atlet untuk menjunjung semangat sportifitas untuk meraih prestasi yang terbaik, dan tetap menjaga nama baik daerah masing-masing. “Raihlah prestasi sebaik mungkin dan junjunglah nama baik Kabupaten Cirebon yang sama-sama kita cintai.” Katanya.

Hartono menambahkan, pada popkab kali ini, pemda hanya menggelar 13 cabor yang dilombakan dikarenakan keterbatasan dana yang tersedia. Namun dia bersyukur gelaran tahun ini dinilai sudah cukup bagus, dari 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon hanya 4 kecamatan yang absen pada popkab kali ini.. “POPkab Tahun 2019 kita menggelar 13 Cabang olahraga, karena keterbatasan anggaran, sehingga baru kami bisa melakasanakan 13 cabor. Adapun untuk tahun depan kami berharap semua Kecamatan dan semua cabor kita lombakan, terutama untuk cabor unggulan Kabupaten Cirebon.” Ungkapnya.

Adapun Cabor unggulan dari Kabupaten Cirebon, yang pertama pencak silat, kemudia gulat, atletik, bola voly dan juga cabor catur. Tidak menutup kemungkinan dengan pembinaan tahun ini akan muncul unggulan cabor yang lain. (Bens/Edys, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.