BUPATI CIREBON BUKA RAKOR POSYANDU

dalamBupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si membuka acara rapat koordinasi untuk mendukung Pengintegrasian layanan dasar di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Tahun 2016 yang dihadiri oleh perwakilan desa dan Kecamatan se-Kabupaten Cirebon, Selasa (26/04) yang dilaksanakan di Gedung NU, Sumber.

 

Kepala Bagian Kesra, Setda Kabpaten Cirebon H. Zaenal Abidin, SE.,MM menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai masukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan posyandu di Kabupaten Cirebon.

 

Selain itu, juga untuk meningkatkan koordinasi antara tim pelaksanaan tingkat kabupaten sampai tingkat desa, khususnya pengolah posyandu di wilayah masing-masing. Meningkatkan kemampuan dan pemahaman bagi pengelolah dan pelaksanaan sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya di masing-masing posyandu.

 

Sedangkan Bupati Cirebon dalam sambutannya menyampaikan bahwa posyandu adalah suatu forum komunikasi alih tekhnologi dan pelayanan kesehatan masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan SDM sejak dini. Posyandu juga merupakan tempat kegiatan terpadu antara program keluarga berencana dengan kesehatan di tingkat desa. Selain itu dpat pula diartikan bahwa posyandu merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.

 

Posyandu merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM sejak dini melalui layanan sosial dasar masyarakat dalam usahanya untuk menunjang pembangunan. oleh karena itu perlu adanya peran serta pemerintah daerah yang lebih aktif agar pelaksanaan kegiatan posyandu dapat berjalan efektif, efesien dan tepat sasaran.

 

Posyandu adalah garda terdepan dalam pengentasan persoalan gizi buruk bagi balita dan kesehatan anak. Penimbangan yang dilakukan di posyandu sebagai instrument awal mendeteksi balita mengidap gizi buruk atau tidaknya.

 

Keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatam status gizi masyarakat serta upaya kesehatan Ibu dan anak.

 

Peran dan dukungan pemerintah kepada posyandu melalui puskesmas sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan di posyandu.

 

Perlu dukungan dari semua pihak agar posyandu dapat berperan sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam kegiatan peningkatan tumbuh kembang bayi dan balita agar pada saatnya nanti mereka menjadi tunas-tunas bangsa yang berkualitas.

 

Posyandu diharapkan dapat menjadi wahana pemeliharaan kesehatan dasar dari para ibu hamil, ibu menyusui dan wanita subur.

 

Bupati juga mengharapkan agar segenap jajaran Pemerintah Daerah terutama dinas/instnsi teknis terkait dengan pengelolaan posyandu senantiasa mendayagunakan fungsi kelompok kerja operasional (Pokjanal) posyandu di setiap jenjang, sehingga pembinaan posyandu dapat terlaksana secara proporsional. Selanjutnya kembangkanlah jaringan kemitraan dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mendukung berbagai kegiatan posyandu. (Bens,Diskominfo)

 

Translate »
No announcement available or all announcement expired.