Bupati Cirebon Tanam Pohon Dalam Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)

dalamBupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si melakukan Penanaman Pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) dengan tema “ Pohon dan Hutan Rakyat, Untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan devisa Negara” Selasa (13/12/2016) yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Puser Bumi Desa Ciperna Kecamatan Talun.
Penanaman ini juga dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H. Mustofa, SH, bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Cirebon. Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Yayat Ruhyat, M.Si, para Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Cirebon.
Kabag SDA Setda Kabupaten Cirebon Drs. Sumantri, M.Si menyampaikan kegiatan ini adalah yang pertama adalah sebagai komitmen langkah awal dalam pemnafaatan lahan untuk membuka ruang terbuka, yang kedua dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan, rehabiltas hutan dan lahan serta upaya mengurangi lahan kritis, yang ketiga sebagai kegiatan massal agar masyarakat ikut peduli pada lingkungan dan kelestarian di HMPI dan BMN yang dikerahkan oleh Organisasi Perangkat Daerah, PKK, Dharma Wanita, LSM Menanam Pohon, dan yang keempat kader peduli lingkungan diharapkan dapat memberikan manfaat, motivasi dan meningkatkan peran serta terhadap pengendalian lingkungan hidup.
Sedangkan dalam sambutan Bupati Cirebon menyampaikan bahwa untuk percepatan rehabilitasi hutan dan lahan juga dilakukan melalui upaya-upaya yang melibatkan seluruh komponen masyarakat yang terdiri dari atas Instansi Pemerintahan, Lembaga Tinggi, Pelaku Usaha, Ormas/LSM, Perguruan Tinggi dan Sekolah, serta seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon sebagai berikut : 1. Bersama-sama melakukan penanaman pohon minimal 25 pohon setiap orang selama hidup; 2. Bersama-sama menjaga dan memelihara pohon yang telah tertanam sehingga dapat bermanfaat maksimal bagi kehidupan yang akan datang; 3. Turut membantu mensosialisasikan pentingnya pelestarian hutan dan lingkungan kepada semua generasi agar dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan; 4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menggalakkan kegiatan-kegiatan terkait dengan kehutanan dan lingkungan hidup.
Berangkat dari kondisi dan permaslahan lingkungan tersebut, marilah kita sama-sama meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki atas kondisi dan keberadaan lingkungan di sekitar kita, karena pada dasarnya kepedulian terhadap lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat.
Sebagai wujud kepedulian pada pelestarian alam dan lingkungan, Pemerintah Daerah yang didukung oleh Pemangku Kepentingan serta masyarakat Kabupaten Cirebon setiap tahunnya berupaya melakukan kegiatan penanaman pohon guna mengurangi polusi udara dan mencegah banjir serta longsor di wilayah Kabupaten Cirebon.
Sebelum mengakhiri, Bupati Cirebon menekan dan memberikan beberapa pesan yakni : 1. Gerakan HMPI dan BMN Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2016, merupakan momentum dan stimulan agar dapat diikuti oleh segenap pemangku kepentingan serta masyarakat Kabupaten Cirebon untuk bersama-sama melakukan kegiatan penanaman dengan pemanfaatan lahan yang ada, sehingga diharapkan lahan-lahan kritis dapat berkurang; 2. Dengan adanya kegiatan penanaman yang merupakan bagian dari Hari dan Bulan Bulan Menanam Nasional, dapat dijadikan sebagai kegiatan massal agar masyarakat ikut peduli pada lingkungaan dan kelestarian alam sekitarnya; 3. Keberadaan kader peduli lingkungan diharapkan dapat memberikan manfaat dan motivasi serta inisiatif untuk mengelola dan memelihara lingkungan serta memberikan informasi mengenai keberadaan lingkungan di wilayahnya masing-masing.(Bens/Edys, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.