Grand Final Pemilihan Kacung Nok Tingkat Kabupaten Cirebon

Dalam rangka meningkatkan kreasi dan menopang pembinaan generasi muda, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, sejak bulan April 2012 lalu telah melaksanakan Pemilihan Kacung dan Nok Kabupaten  Cirebon.

Grand Final pemilihan kacung dan nok dilaksanakan pada Sabtu malam 26 Mei 2012 di GOR Ranggajati. Pada acara tersebut hadir Wakil Bupati, Anggota DPRD, Kepala Dinas Intansi se-kabupaten Cirebon, Para Camat serta simpatisan kacung dan nok yang masuk pada grand final tersebut.

Kepala Disbudparpora, Drs. H. Ade Setiadi sebagai ketua pelaksana memaparkan bahwa dari 40 pasang peserta setelah diadakan penyeleksian dan penilaian sampai pada acara grand final tinggal 10 pasang kacung dan nok, kemudian akan dipilih lagi menjadi 5 pasang. Kacung dan nok  yang terpilih akan  menjadi wakil dari Kabupaten Cirebon ke Pasanggiri Mojang Jajaka Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Wakil Bupati Cirebon, H. Ason Sukasa Sm.Hk. menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan kacung dan nok ini sangat positif karena para peserta merupakan duta wisata Kabupaten Cirebon yang akan membawa keharuman Kabupaten Cirebon dibidang wisata. Kacung dan nok terpilih harus benar-benar mengetahui berbagai objek wisata, bahasa lokal, budaya dan adat  istiadat Kabupaten Cirebon supaya bisa menjaga nama Kabupaten Cirebon dalam Pasanggiri Mojang Jajaka di provinsi nanti.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penilaian unjuk kabisa, pengetahuan umum dan pengetahuan khusus untuk memilih 5 pasang Kacung dan Nok dengan predikat kejuaraan Kacung dan Nok 1, Kacung dan Nok 2, Kacung dan Nok Harapan 1, Kacung dan Nok harapan 2 serta Kacung dan Nok persahabatan.

(Benandi/Edys, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.