HKSN Sebagai Momentum Tingkatkan Kesetiakawanan dan Nasionalisme

Apel Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2018 digelar di Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan di Halaman Bupati Cirebon, Kamis (20/12/18). Peringatan HKSN diikuti oleh jajaran Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Koordinator PKH, Koordinator Tagana, Forum Orsos, Ikatan PSM, Forum Disabiltas dan Mitra Sosial lainnya. Hadir dalam acara apel HKSN Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaen Cirebon, para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, dan Kepala SKPD se Kabupaten Cirebon.

Selaku Pembina Apel, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Rahmat Sutrisno menyampaikan, peringatan HKSN merupakan momentum untuk menumbuhkembangkan dan melestarikan nilai-nilai kesetiakawanan sosial untuk didayagunakan sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari.

Rahmat menambahkan, kesenjangan telah mengikis rasa kesetiakawanan yang ada dan mengurangi semangat nasionalisme harus dikembalikan pada diri masyarakat dengan mengingatkan kembali nilai-nilai sosial yang menjadi jati diri bangsa. Kesetiakawanan sosial hakikatnya merupakan kehendak untuk bersatu dalam solidaritas sosial, kesamaan nasib, dan keinginan menjadi pribadi anggota komunitas yang saling membangun persaudaraan sejati. “Esensi dari peringatan HKSN adalah untuk menggugah perasaan, empati terhadap kesulitan orang lain secara bersama-sama melalui aksi nyata (Togetherness For Willingness/ menggugah kesadaran bersama untuk kebaikan bersama).” Ujar Rahmat.

Dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Cirebon menyerahkan piagam penghargaan berupa sertifkat dari Karang Taruna Provinsi Jawa Barat kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, H. Maryono, SH sebagai penerima Kategori Pembina Fungsional Terbaik Karang Taruna Kabupaten/Kota. Kades Greged, Yusuf sebagai penerima Kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Tingkat Desa/Lurah dan Karang Taruna Pelita Muda Desa Lurah Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon atas peran serta dalam rangkaian Bulan Bakti Study Karya Bakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. (Bens/Edys, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.