HUT Bhayangkara ke-73, Polres Cirebon Ajak Masyarakat Olahraga dan Deklarasi Tolak Kerusuhan

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 Polres Cirebon melaksanakan Giat Olahraga Bersama dan Deklarasi Damai Tolak Kerusuhan yang dilaksanakan di lapangan Pataraksa Sumber, Minggu (23/06/19). Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, S.I.K.,M.Si, Plt. Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosadi bersama Forkopimda dan masyarakat yang hadir membacakan secara bersama sama Deklarasi Damai Menolak Kerusuhan.

Selain Deklarasi Damai Menolak Kerusuhan, Kapolres Cirebon dan Plt Bupati Cirebon secara resmi melepas kegiatan jalan sehat di depan Kantor Bupati Cirebon. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs.H. Rahmat Sutrisno, M.Si, Kepala Kesbangpol H. Zaenal Abidin, SE.,MM, Kepala Disbudparpora Drs.H. Hartono, MM, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Eni Suhaeni, SKM,M.Kes, dan undangan lainnya.

Plt. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosadi, menyampaikan untuk membangun atau berkiprah, baik untuk beribadah ataupun untuk kita berkreasi yaitu masalah sehat dan aman. Dua unsur ini tidak bisa dilepaskan untuk bisa membangun apapun. Ekonomi supaya maju harus aman dan sehat. “Bahwa adik-adik yang sekolah supaya pinter, supaya bisa mengisi generasi selanjutnya yaitu harus sehat dan aman. Kalau tidak aman, untuk belajarnya gimana, untuk usaha gimana. Sudah aman kalau ga sehat, boro-boro mau sekolah, kalau sakit susah, Ini kita harus mensyukuri alhamdulillah di Kabupaten Cirebon.” Ujarnya

Dalam momen tersebut Imron juga menyampaikan ungkapan terimaa kasih kepada para aparat keamanan dan penegak hukum atas terciptanya kondusifitas di Kabupaten Cirebon. Berharap kondusifitas ini tetap terjaga karena tentunya akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi dan kesejahtreraan masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Cirebon banyak mengucapkan terima kasih kepada TNI Polri yang telah menjaga kondisifitas Kabupaten Cirebon yang damai, sejahtera dan aman. Inilah yang saya harapkan dan kita perlu jaga selanjutnya agar Kabupaten Cirebon kita selalu aman. Maka sekali lagi, kami banyak mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang selalu menjaga ketenangan, ketertiban, dan keamanan.” Ungkapnya.

Imron pun berpesan kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda untuk tidak mudah terpengaruh berita dari medsos, karena informasi yang bersal dari media sosial tidak semua benar, untuk itu masyarakat harus bisa lebih bijak dalam bermedia sosial.

“Harus disaring dulu agar adik-adik tidak menjadi korban berita bohong atau hoaks. Karena berita dari media sosial tidak semua benar dan sesuai fakta.” katanya.

Disinggung juga masalah sengketa pemilu kemarin yang saat ini masih di godok di Mahkamah Konstutisi. Imron menghimbau agar masyarakat Kabupaten Cirebon tidak terprovokasi dengan berita-berita yang dapat mengganggu keamanan dan ketentraman lingkungan.

“Kepada adik-adik bahwa sekarang ini bukan peperangan fisik akan tetapi peperangan pemikiran adalah musuh yang ga jelas, lawannya tidak jelas tapi nampak terpengauh. Apalagi sekarang ada penentuan dari MK, berharap kepada masyarakat agar mengetahui itu ranahnya MK bukan ranah kita. Ranah kita dulu tanggal 17 ke TPS masing-masing, setelah itu, ini urusannya yang lain.¬† Ayo kita sama-sama menatap kedepan untuk membangun Kabupaten Cirebon yang lebih baik.” Ajaknya.

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto, S.I.K.,M.Si, peringatan Hari Bhayangkara ke-73 ini tidak hanya olahraga dan daklarasi, namun merupakan rangkaian kegiatan dimana kegiatan yang lain juga sudah dilaksanakan seperti bhakti sosial, bhakti kesehatan, dengan melakukan kegiatan-kegiatan kemasarakatan baik bersih-bersih masjid, anjangsono kepada tokoh masyarakat, kepada masyarakat yang kurang mampu dengan kegiatan bhakti kesehatan, sunatan massal. Dan pada hari ini juga kita melaksanakan pasar murah yang bisa dinikmati masyarakat semua.

“Kegiatan olahraga bersama ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke 73. Kami dari Polres Cirebon mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi para peserta, masyarakat, pelajar yang telah hadir melaksanakan kegiatan ini.” Katanya.

Hal senada juga disampaikan Suhermanto, dalam menghadapi paska pemilu 2019 sampai saat ini sedang berlangsung pelaksanaan gugatan perselisihan pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi, Kapolres Cirebon menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban, keamanan dan tidak terprovokasi.

“Tadi bapak Plt Bupati menyampaikan bahwa situasi berkembang di masyarakat bisa berubah dengan cepat dengan adanya Hoax. Hoax itu berkembang melalui media sosial. Apabila kita tidak bijak, tidak teliti, kita tidak mempelajari kita bisa termakan berita hoax ataupun berita yang belum tentu benar.Kapolres mengajak kita semuanya agar lebih bijak apabila mendapat informasi-informasi yang kira-kira kontennya mengajak provokasi dan mengajak kerusuhan agar diteliti terlebih dahulu, masyarakat Kabupaten Cirebon selalu cinta kedamaian dan menolak kerusuhan serta menjaga kondusifitas Kabupaten Cirebon..” Imbuhnya.(Bens,Diskominfo).

Translate »