Cirebon merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Barat. Seperi daerah-daerah lainnya, Cirebon juga memiliki detinasi wisata yang unik dan indah. Mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, hingga wisata kuliner yang menarik.

Dilansir dari YouTube Chanel Vacation ID pada 18 November 2021, beberapa tempat wisata keren yang tersembunyi di Cirebon, diantaranya:

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon ini berlokasi di Jalan Kasepuhan No. 43 Kampung mandalanganm Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Untuk sampai di tempat ini, bisa ditempuh selama 30 menit dari Terminal Bus Hajarmukti.

Untuk fasilitasnya, terbilang mencukupi. Sama seperti tempat wisatapeninggalan yang lainnya, disini tersedia area parkir dan toilet. Jadi fasilitas tersebut sudah terbilang mencukupi untuk wisata yang berkonsep sejarah.

Keraton Kanoman Cirebon

Selain memiliki dan populer dengan Keraton Kasepuhan, Cirebon juga memiliki keraton lain bernama Kanoman. Keraton Kanoman ini berada di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk yang berada tepat di belakang pasar Kanoman.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Kejaksaan Cirebon. Keraton Kanoman Cirebon namanya tidak sepopuler Keraton Kasepuhan, namun keraton ini memiliki daya tarik tersendiri.

Untuk fasilitas sendiri, ada toilet dan tempat informasi untuk pengunjungnya. Fasilitas yang ada disini masih kurang dikembangkan. Jadi hanya ada fasilitas yang biasa saja. Namun tidak perlu khawatir, apabila anda orang Islam, ada juga musholla yang dibangun di sekitar keraton ini.

Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati merupakan satu dari sembilan makam para wali, atau disebut juga Wali Songo yang sering dijadikan sebagai wisata religi, atau tempat untuk berziarah, sekaligus sebagai jejak sejarah penyebaran Islam di Indonesia.

Makam Sunan Gunung Jati terletak di Kabupaten Cirebon, dan menjadi salah-satu tempat ziarah yang paling sering dikunjungi di Jawa Barat.

Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jalan Alun-Alun Ciledug No. 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Makam Sunan Gunung Jati ini dibuka selama 24 jam.

Tiket masuk Makam Sunan Gunung Jati gratis, hanya saja para pengunjung disarankan untuk memberi infaq seikhlasnya untuk juru kunci yang ada di kawasan makam tersebut.

Keramat Planggon

Merupakan salah satu objek purbakala dari zaman islam. Di tempat terdapat makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan. Berlokasi di Wilayah Desa Babakan, Keramat Planggon mudah dikunjungi.

Kawasan keramat merupakan hutan yang berada pada bukit. Luas kawasan tersebut sekitar 48 hektar. Saat mengunjungi tempat ini, wisatawan akakn disambut oleh beberpa monyet yang hidup di sekitar Keramat Planggon.

Bukit Gronggong

Merupakan salah satu tempat kece yang ada di Cirebon. Sebab bagi wisatawan yang hobi foto dan posting-posting di media sosial, tempat ini cocok untuk dikunjungi, lantaran tempat ini instagramable sekali.

Untuk menikmati keindahan dari destinasi wisata alam Bukit Gronggong Cirebon, anda tidak butuh banyak biaya. Sajian wisata satu ini bisa anda nikmati dengan harga tiket masuk terjangkau. Karena cukup mengeluarkan biaya tiket masuk wisata Bukit Gronggong seharga Rp.5.000/orang.