INTENSIFIKASI PENEMUAN KASUS KUSTA FRAMBUSIA DINAS KESEHATAN KABUPATEN CIREBON

5Dalam rangka memperkenalkan lebih spesifik tentang apa dan bagaimana penyakit kusta, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mengadakan Pertemuan Advokasi, Sosialisasi Dan Pelatihan Singkat Kegiatan Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta Frambusia melalui kampanye eliminasi Kusta dan Eradikasi Frambusia di Patra Jasa Hotel, Rabu (24/02/2016).

Hadir Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Widya SK., MM Kes, Kepala Bidang P2P (Pengawasan Pemberantasan Penyakit) Dr. Hj. Neneng Hasanah, 15 kepala puskesmas, 15 dokter fungsional, 15 petugas Kesra dan prambusia, 15 camat, 15 OPD lintas sektoral dan unsur radio RRI.

Acara dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kesra Dr. Hj. Triyani Judawinata yang dalam hal ini mewakili Bupati Cirebon. Dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka pencapaian target global untuk menurunkan angka prevalensi kurang dari 1/10.000 penduduk, merupakan indikator kesehatan untuk mengurangi angka kesakitan dan kecacatan yang ditimbulkan. Kabupaten Cirebon memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Jawa Barat dalam temuan kasus baru setiap tahun setelah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Indramayu. Pencarian kasus Kusta Frambusia sedini mungkin melalui kampanye eliminasi Kusta Eridikasi Frambusia Kabupaten Cirebon dengan angka prevalensi tahun 2015 sebesar 1,11/10.000 masih diatas target nasional.

Angka temuan kasus baru masih diatas 5/10.000 penduduk yaitu 10,65/100.000 penduduk dan besaran temuan kasus dari tahun 2011 sampai dengan 2015 rata-rata sebanyak 250 orang.

Sedangkan Kepala Bidang P2P ( Pengawasan Pemberantasan Penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dalam sambutannya mengatakan kampanye kusta dan eradikasi frambusia adalah suatu sarana untuk mengatasi masalah sosial di masyarakat dengan kecacatan yang ditimbulkan, pencarian kasus secara berlanjut dan berkesinambungan akan memutuskan mata rantai penularan pada keluarga dan masyarakat sekitar. Dukungan dari semua pihak yang terkait sangat diharapkan, baik dari lintas program maupun lintas sektoral agar kampanye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia di 150 desa endemis di 15 puskesmas pada 15 kecamatan di Kabupaten Cirebon dapat berjalan sesuai harapan.

Acara di lanjutkan  dengan pemberian materi dan ditutup dengan sesi tanya jawab (Intan, Diskominfo) (24/02/2016)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.