KIRAB BUDAYA GEGESIK TAHUN 2016

dalamMinggu 17 April 2016 bertempat di Alun-alun Gegesik. Warga Kecamatan Gegesik wajib berbangga diri atas ucapan Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM. M.Si dalam acara Kirab Budaya sekaligus dalam rangka Mapag Sri beliau mengatakan bahwa Gegesik telah dijadikan Kampung Seni Budaya di Kabupaten Cirebon.

Setelah Tahun 2015 yang  lalu Gegesik akan dijadikan sebagai Kampung Seni Budaya di Kabupaten Cirebon,  maka pada kesempatan acara tersebut segera diwujudkan oleh Bupati Cirebon,  melihat daerah  lain telah dibentuk Kampung Batik Trusmi di Kecamatan Weru, Wisata Bahari di Kecamatan Gebang dan Kampung Produktif di Kecamatan Tengahtani artinya masing-masing di Kabupaten Cirebon  mempunyai karakteristik ciri khas tersendiri.

 Camat Gegesik Toto Misnoto, S.Sos. mengucapkan terima kasih kepada Bupati Cirebon yang bisa hadir dan  memperhatikan kearifan  kesenian dan budaya lokal, dan saya hanya bisa berharap kebudayaan dan  kesenian di Kecamatan Gegesik mendapat  perhatian dari Pemerintah Kabupaten Cirebon karena Gegesik merupakan pusat seni dan budaya.

Sementara Dian Hernawa Susanti anggota DPRD Kabupaten  Cirebon sekaligus Pembina Paguyuban Waringin Jajar  mengatakan, kirab budaya kali ini  merupakan kirab budaya ke tiga kalinya digelar, namun selama ini masih menggunakan dana swadaya masyarakat. “Diharapkan setelah diresmikan sebagai kampung seni dan budaya, Pemerintah Daerah lebih memperhatikan seni dan budaya di Gegesik ini,” dirinya juga nanti akan bekerjasama dengan keraton di Cirebon, agar seni dan budaya di Gegesik bisa semakin erat dan bisa saling mendukung alat-alat kesenian karena memang di Gegesik masih minim untuk peralatannya.

Sedangkan Dalam Sambutannya Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM. MSi menegaskan bahwa, Saya resmikan Kecamatan Gegesik sebagai kampung seni dan budaya Kabupaten Cirebon, karena di Gegesik seni dan budayanya beraneka ragam serta masyarakat Gegesik sangat kretif dalam bidang kreasi seni. Perlu masyarakat ketahui, masyarakat Gegesik tempat para seniman berkumpul, dimana disini muncul seniman dan budayawan terlahir dan banyak mereka yang menggeluti seni dan budaya, maka pantas Gegesik ini menjadi kampung seni dan budaya di Cirebon”. Masih dikatakan Bupati  langkah ke depan Pemerintah juga melakukan kegiatan-kegiatan pendukung, dimana di Gegesik sebagai canangan daerah budaya dan seni seperti halnya daerah lainnya. Diakhir sambutannya Bupati Cirebon meresmikan secara resmi Desa Gegesik sebagai kampung seni yang ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam Kegiatan tersebut dibuka pula bazar stand-stand kesenian diantaranya menampilkan seni lukis kaca yang merupakan ciri khas dari seniman gegesik. (edys Minggu 17 April 2016).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.