Kunjungan Kerja Duta Amerika Ke RSUD Waled

DSCF4532Tindak lanjut dari Program EMAS (Expanding Maternal and National Survival ) Duta Amerika Serikat pada tanggal 29 April 2013 telah mengadakan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Waled dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan Program Emas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon berjalan dan dapat diterapkan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran Kedutaan Amerika Serikat, jajaran Rumah Sakit Waled, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon serta jajarannya, muspida Kabupaten Cirebon dan Muspika Kecamatan Waled. Pada kesempatan tersebut duta Amerika Serikat melalui  juru bicaranya, Dr.Hj.Alma Lucyati Mkes.Msi.MH.Kes Program EMAS  yang merupakan kerjasama Kementrian Kesehatan RI dan USAID selama 5 tahun dari tahun 2012 – 2016 dalam rangka mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Program Emas sebagai tindak lanjut dari penanganan jejaring  organisasi masyarakat sipil yang difasilitasi oleh kesehatan publik dan swasta, asosiasi rumah sakit dan organisasi profesi. Program ini berkontribusi terhadap kematian ibu dan bayi baru lahir sebesar 25 %, program EMAS  ini di Indonesia dilaksanakan di 30 kabupaten dalam 6 provinsi  yaitu Provinsi Sumatera Utara, Banten,  Jawa Barat, Jawa Tengah, Jatim dan Sulsel. Cirebon merupakan salah satu dari kabupaten yang terkena pogram EMAS di Provinsi Jawa Barat sehingga kali ini Duta Besar Amerika berkunjung ke Rumah Sakit Waled dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan Program EMAS dilaksanakan di Kabupaten Cirebon.

Wakil Bupati H.Ason Sukasa pada kesempatan tersebut mengatakan diantaranya program EMAS  di Kabupaten Cirebon dilaksanakan sesuai dengan apa yang tercantum dalam tata cara serta aturan yang ada dalam program EMAS itu sendiri karena program tersebut mempunyai tujuan untuk masyarakat sehingga pemerintah daerah Kabupaten Cirebon mendukung sepenuhnya demi kelancaran program tersebut yang pada akhirnya nanti masyakarat akan dapat menikmati hasilnya serta dapat merubah tatanan hidup masyarakat itu sendiri.

Kegiatan tersebut diakhiri  dengan meninjau langsung ke ruang pasien rawat inap di bagian kebidanan serta meninjau perlengkapan peralatan yang ada di RSUD Waled.

(Edy’s-Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.