Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Cirebon ke-540, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin langsung Bupati Cirebon, melakukan ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati dan mengunjungi Keraton Kasepuhan, Selasa (29/03/2022).

Bupati Cirebon Drs.H. Imron, M. Ag mengatakan, kegiatan napak tilas ini, merupakan salah satu upaya untuk terus mengingat proses pendirian dan andil para leluhur dalam mendirikan Cirebon.

Menurut Imron, pendirian Cirebon tidak lepas dari peran yang sangat besar dari Mbah Kuwu Cirebon dan juga Sunan Gunung Jati.

“Supaya jangan lupa terhadap para pahlawan dan pendiri Cirebon,” kata Imron.

Selain bersama Forkopimda, kegiatan tersebut juga diikuti oleh sejumlah Kepala Dinas se-Kabupaten Cirebon. Imron menyebutkan, ziarah ke makam Sunan Gunung Jati ini, selain dalam rangka memperingati hari jadi, juga sekaligus menjelang pelaksanaan bulan Ramadan.

Dalam kesempatan tersebut, Imron juga memanjatkan doa, agar cita-cita yang diharapkan oleh para leluhur, bisa terlaksana dan kepemimpinannya bisa berjalan dengan baik tanpa halangan.  “Sehingga masyarakat Kabupaten bisa sejahtera,” kata Imron.

Sedangkan kunjungannya ke Keraton Kasepuhan, menurut Imron, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya terus menjalin silaturahmi kepada keturunan dari pendiri Cirebon.

Karena menurut Imron, peran dan perjuangan dari para pendiri Cirebon sangat besar. Sehingga selain silaturahmi, kedatangannya ke Keraton Kasepuhan juga, sekaligus napak tilas perjuangan pendirian Cirebon.

“Kami kesini (Kasepuhan) untuk bersilaturahmi dengan keturunan dari pendiri Cirebon dan napak tilas pendirian Cirebon,” ujarnya.