KABUPATEN CIREBON-, Berbagai pemberitaan maupun informasi yang saat ini berkembang, sebagian besarnya dikaitkan dengan isu agama. Walaupun, dalam kenyataan tidak ada korelasi antara satu agama dengan kabar yang beredar.

Oleh karena itu, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag mengajak kepada semua pihak untuk tidak mudah percaya dengan isu negatif, khususnya yang berbau agama tertentu sebelum mengetahui kebenaran dari informasi tersebut.

"Jangan hanya karena isu agama tertentu, malah merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita sama-sama mencari kebenaran dari suatu informasi sebelum menyebarluaskannya," ujar bupati usai Pengukuhan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cirebon, Senin (30/5/2022) di Hotel Sutan Raja Cirebon.

Dijelaskan bupati, kemerdekaan Republik Indonesia merupakan sumbangsih semua golongan dan bukan hanya satu golongan saja. Disamping itu, Negara Republik Indonesia juga dikatakan bupati terdiri atas ragam budaya, suku dan agama.

"Maka dari itu, jangan sampai ada hal kecil yang dapat mengganggu kondusifitas, khususnya persatuan dan kesatuan bangsa," tambahnya.

Bupati juga meminta kepada pengurus FKUB yang baru dikukuhkan untuk tetap menjadi rumah bersama bagi umat beragama. Komunikasi dan juga kerja sama yang baik di bidang keagamaan dapat turut serta membantu pembangunan daerah.

"Jika kondusifitas tidak terjaga, maka pembangunan juga tidak akan maksimal. Maka dari itu, saya harap FKUB bisa membantu pemerintah daerah dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan, khususnya dalam beragama," terang bupati.

Seperti diketahui, KH. Wawan Arwani kembali menjabat sebagai Ketua FKUB Kabupaten Cirebon. (DISKOMINFO)