Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik beserta Pranata Humas Sub Koordinator Kehumasan dan Kemitraan Diskominfo Kabupaten Cirebon bersama Ketua dan Wakil Ketua Komisi Informasi Daerah Kabupaten Cirebon menghadiri Rapat Kerja Teknis Nasional ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia di Aula Barat Gedung Sate Kota Bandung, yang berlangsung dari tanggal 5 s/d 7 September 2022. Pertemuan yang menghadirkan Komisi Informasi se-Indonesia membahas agenda strategi menghadapi tantangan zaman, dengan mengusung tema “Akselerasi, Sinergi dan Gerakan Keterbukaan Informasi Publik Merespon Tantangan Zaman” ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, berharap Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Komisi Informasi se-Indonesia ini dapat melahirkan ekosistem keterbukaan informasi yang seirama dengan demokrasi Pancasila. Selain itu juga dirinya mengajak agar Komisi Informasi mengedepankan inovasi dalam memberikan pelayanannya bukan berkompetisi, sehingga tugas Pokok Komisi Informasi terabaikan.

“Apabila hal itu bisa terealisasi, maka kebermanfaatan dari sebuah demokrasi akan terasa ke seluruh penjuru daerah, sehingga masyarakat hidup dalam suasana adil makmur,”ucap Kang Emil.

“Nah, kami berharap agar keterbukaan informasi ini menjadi sebuah ekosistem di dalam demokrasi yang kita pilih. Kalau ada masalah, selesaikan oleh mekanismenya. Kalau masih ada institusi negara belum terbuka, kalau di Jawa Barat sudah kita dorong semuanya. Mudah-mudahan Jawa Barat menjadi inspirasi,” sambung Kang Emil.