KABUPATEN CIREBON -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE MSi membagikan sembako secara simbolis kepada 25 orang lanjut usia (lansia) terlantar dan tidak produktif. Penyerahan tersebut dilaksanakan di Desa Gua Lor Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Kamis (15/12/2022).

Wabup Cirebon yang akrab disapa Ayu ini, mengatakan bahwa kehadirannya selain silaturahmi juga ingin membagikan sembako kepada para warga lanjut usia (lansia) terlantar dan tidak produktif, dalam upaya mengurangi beban hidup para lansia. Ia juga menyampaikan bahwa data warga miskin di Kabupaten Cirebon berdasarkan DTKS mencapai 1.600 jiwa lebih atau sekitar 70% dari jumlah penduduk 2.189.785 jiwa.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, di Kecamatan Kaliwedi untuk warga lansia tidak produktif mencapai 3.599 orang. Dengan rincian sebagai berikut: desa Gua Lor 508 orang; Gua Kidul 514 orang; Kalideres 372 orang; Kaliwedi Kidul 296 orang; Kaliwedi Lor 369 orang; Prajawinangun Kulon 263 orang; Prajawinangun Wetan 484 orang; Ujungsemi 436 orang; Wargabinangun 346 orang; dan 11 orang tidak memiliki alamat, tetapi masuk kedalam data Kecamatan Kaliwedi.

”Hari ini yang mendapatkan bantuan sembako baru 25 orang, artinya masih banyak yang belum mendapatkan dan nantinya akan didata ulang agar tidak ada lagi yang tidak mendapatkan bantuan,” ungkap Ayu.

Bantuan yang diberikan kepada 25 orang tersebut masing-masing mendapatkan satu paket sembako berisikan beras, mie instan rebus dan goreng, minyak goreng, kornet, sarden, susu kental manis, garam, kecap dan gula pasir.

“Bantuan sembako ini sudah diperhitungkan untuk satu tahun dengan nominal sekitar 3juta lebih. Pasti cukup untuk satu tahun, seperti beras 1 hari 300gr untuk 1 kali makan. Pesan saya, bantuan sembako ini jangan dijual ya, tetapi dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Ayu. (DISKOMINFO)