KABUPATEN CIREBON – Pelaksanaan Grebek Cirebon Katon (GCK) dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon yang berlangsung sejak tanggal 5 hingga 19 Maret 2023, dinyatakan selesai pada Minggu malam (19/3/2023). Penutupan acara GCK tersebut, dilakukan secara simbolis oleh Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag di Sport Center Watubelah Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, yang merupakan lokasi utama. 

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan selama dua pekan pelaksanaan. Dimeriahkan mulai dari pertunjukan seni dan budaya asli Kabupaten Cirebon yang ditampilkan oleh para seniman, pameran multiproduk, UMKM, pesta rakyat, berbagai perlombaan hingga gelaran konser dengan menghadirkan bintang tamu artis Kabupaten Cirebon serta nasional.

Bupati Imron sendiri menyambut baik gelaran GCK ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan pesta rakyat yang disajikan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon khususnya.

“Grebeg Cirebon Katon ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon yang menampilkan sejumlah kebudayaan dan kesenian asli Kabupaten Cirebon,” ujar Imron dalam sambutannya.

“Selain itu, Grebeg Cirebon Katon yang berpusat di Sport Center Watubelah Sumber ini, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menghadirkan Cirebon Expo 2023, beragam kuliner dan pameran UMKM,” lanjut Imron.

Senada, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon yang juga sekaligus sebagai Ketua Panitia Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon, Dr. Hilmy Riva’i, M.Pd berharap pelaksanaan GCK ini, kedepan bisa menjadi agenda tahunan. Pasalnya, sejumlah kegiatan terbukti bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, serta melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan terus setiap tahunnya, dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon,” singkatnya. (DISKOMINFO)