KABUPATEN CIREBON -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si menghadiri tasyakuran sedekah bumi panen raya padi di Desa Wargabinangun, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Sabtu (17/6/2023).

Wabup Cirebon yang akrab disapa Ayu ini menyebutkan, gelaran panen raya ini merupakan rasa bentuk syukur masyarakat Desa Wargabinangun terhadap hasil panen padi yang melimpah.

“Kabupaten Cirebon sejak dahulu dikenal sebagai daerah pertanian dan lahannya sangat luas,” kata Ayu.

Melalui panen raya ini, diharapkan masyarakat di wilayah Kabupaten Cirebon semakin sejahtera. Mengingat, Kabupaten Cirebon menjadi salah satu lumbung padi nasional.

Hal ini sesuai dengan visi misi Kabupaten Cirebon, yakni terwujudnya Kabupaten Cirebon yang Berbudaya, Sejahtera, Agamis, Maju dan Aman (Bersama).

Ayu menyebutkan, sedekah bumi panen raya merupakan salah satu budaya di Kabupaten Cirebon yang bertahan hingga saat ini. Menurutnya, generasi penerus harus mampu melestarikan kebiasaan tersebut.

“Nantinya, panen raya ini harus bisa dilanjutkan terus menerus,” harap Ayu.

Dalam acara tersebut, hadir pula Camat Kaliwedi Hardomo, Kuwu Desa Wargabinangun, Qoribullah, dan unsur musyawarah pimpinan kecamatan lainnya. (DISKOMINFO)