KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag bersama Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si, jajaran Forkopimda dan para kepala perangkat daerah Kabupaten Cirebon gelar “Mubeng” (Mudun Bareng) dengan menggunakan kendaraan roda dua menuju Kecamatan Gunungjati, Plered, Panguragan, dan Kaliwedi, Minggu (30/7/2023).

Para rombongan memulai perjalanan dari Pendopo Bupati Cirebon pada pukul 07.00 WIB menuju Pasar Condong, Kecamatan Gunungjati untuk membagikan 100 nasi barokah kepada para pengunjung pasar sekaligus meninjau harga kebutuhan pokok di pasar tersebut.

Selanjutnya, rombongan menuju Pasar Pangkalan Plered dan Pasar Desa Panguragan untuk membagikan 100 nasi barokah berikutnya dan juga meninjau harga kebutuhan pokok.

Terakhir, rombongan singgah di Desa Kalideres, Kecamatan Kaliwedi untuk berdialog dengan masyarakat serta memberikan bantuan secara simbolis.

Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan beberapa pihak terkait, seperti Baznas, Bulog, Disperdagin, Disdukcapil, Dinkes, DPPKBP3A dan perangkat daerah lainnya.

Bupati Imron mengungkapkan, program Mubeng ini merupakan cara pemerintah daerah untuk turun langsung ke masyarakat.

Menurutnya, dengan Mubeng ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon selain melakukan silaturahmi, pihaknya juga ingin melihat langsung kondisi di wilayahnya.

"Pada kegiatan Mubeng kali ini, kita libatkan semua kepala perangkat daerah supaya mereka tahu program pemerintah apa saja yang sudah maupun yang belum tercapai. Jangan hanya mendapatkan laporan dari bawahannya saja, tetapi langsung terjun ke lapangan," ujar Imron.

Ia juga mengungkapkan, pada Mubeng kali ini, Pemkab Cirebon juga memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat, diantaranya yaitu bantuan Rutilahu dari Baznas, paket sembako, pasar murah dan bantuan lainnya untuk masyarakat.

Selain itu, lanjut Imron, pihaknya bersama rombongan menyempatkan untuk melihat dan melakukan pelepasan benih ikan di Embung Desa Kalideres.

"Embung ini kalau bisa dikelola dengan baik akan bisa menjadi destinasi wisata, dan nantinya perekonomian masyarakat sekitar Embung akan tumbuh dengan baik," harap Imron.

Di tempat yang sama, Camat Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Hardomo mengatakan pihaknya menyambut baik dengan adanya program Mubeng ini. Menurutnya, dengan adanya program ini, wilayah Kecamatan Kaliwedi mendapat beberapa bantuan untuk masyarakat.

"Ada bantuan Rutilahu, sembako gratis, pengobatan gratis, bazar pasar murah dan bantuan lainnya untuk masyarakat yang kurang mampu," ujar Hardomo. 

Ia menjelaskan, di Desa Kalideres ada Embung atau waduk buatan yang kini dijadikan destinasi wisata. Namun, Embung tersebut kini kurang terurus, karena terkendala dengan biaya.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Bupati, Ibu Wakil Bupati beserta jajaran bisa memberikan kontribusi untuk pengembangan destinasi wisata, agar ekonomi masyarakat bisa terbantu," harapnya. (DISKOMINFO)