KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Road Show Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Jawa Barat Tahun 2023 Angkatan ke-64 dan 65 di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (19/7/2023).

Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D mengatakan, uji kompetensi bagi wartawan ini merupakan program yang sangat penting, pasalnya ini menjadi momentum bagi wartawan untuk bisa naik kelas, apalagi selaras dengan program Jawa Barat yang juga harus naik kelas.

"Program Gubernur terdahulu sebelum saya yang bagus tetap dilanjutkan. Prinsip saya, tidak ada hari ini tanpa masa lalu," ujar Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini.

Ia menyebutkan, penghargaan yang diberikan PWI Jawa Barat untuknya adalah penghargaan yang ke-531. Ratusan penghargaan tersebut, ia persembahkan untuk masyarakat Jawa Barat. Artinya, ada perubahan yang dimonitor dalam hal keberhasilan suatu pencapaian. 

"Data menyebutkan, angka kemiskinan di Jawa Barat tahun 2023 ini turun menjadi 7,62 persen. Ini artinya, satu tahun terakhir ini ada sekitar 310 ribu warga Jawa Barat yang naik kelas, yaitu dari kategori miskin naik ke kelas menengah," lanjut Emil.

Sementara, dibandingkan dengan angka kemiskinan pada tingkat nasional saat ini berada dikisaran 9,2 persen. Artinya, warga Jawa Barat harus bangga, karena hanya Jawa Barat saja yang bisa menaikkan jumlah warga miskin ke warga menengah terbesar se-Pulau Jawa. 

"Ini tak lepas dari peran teman-teman wartawan, terima kasih,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa road show program 1000 peserta Uji Kompetensi Wartawan yang diadakan ini, justru banyak ditiru oleh daerah lain. 

Hal tersebut, tentunya tidak lepas dari peran penting dan bantuan Gubernur Jawa Barat yang selama ini memang dikenal dekat dengan teman-teman wartawan.

"Pak Gubernur sangat peduli dengan kualitas wartawan. Akhirnya, Provinsi Jawa Barat mau membantu program ini, dan wartawan yang mau ikut UKW bisa mengikuti secara gratis," kata Hilman.

Hilman tidak menyangkal, di Jawa Barat ada ribuan perusahaan media. Sementara jumlah wartawan diperkirakan bisa mencapai 10 ribuan. Jumlah tersebut, hanya sebagian kecil saja yang yang lolos uji kompetensi ini dan terverifikasi Dewan Pers. 

"Disinilah PWI punya kelebihan mengurus kode etik dan kesejahteraan wartawan," sambung Hilman.

Ia juga mengungkapkan, bahwa UKW di Cirebon adalah Road Show ke-6 di Jawa Barat. Menurutnya, ada 1000 peserta dan ini merupakan angkatan ke-64 dan 65. 

"Tujuan UKW ini adalah untuk membangun dan mengurangi kemiskinan serta kebohongan. Saya juga mengucapkan terimakasih atas peran Pak Gubernur untuk membantu wartawan mendapatkan sertifikat UKW. Sama seperti kepedulian beliau yang sudah sukses mengentaskan angka kemiskinan di Jawa barat," ujar Hilman. (DISKOMINFO)