KABUPATEN CIREBON -- Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D secara resmi meresmikan Terminal Tipe B Ciledug, Desa Ciledug Lor, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Rabu (19/7/2023).

Turut mendampingi dalam peresmian tersebut, Bupati Cirebon, Wakil Bupati Cirebon, Sekda Kabupaten Cirebon, dan seluruh kepala perangkat daerah Kabupaten Cirebon. 

Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, kehadiran Terminal Ciledug yang baru saja diresmikan ini bisa menjadi magnet perekonomian warga Kabupaten Cirebon, khususnya wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, pembangunan terminal yang didesain langsung olehnya ini, berharap agar kualitasnya sangat baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Anggarannya Rp48 miliar. Saya minta terminal ini tidak hanya melayani aktivitas transportasi saja, tapi multifungsi yang terintegrasi dengan pelayanan perizinan, pemeriksaan kesehatan, pembuatan KTP hingga kios UMKM dan lainnya,” ujar Emil.

Ia juga meminta, Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk memanfaatkan bangunan lainnya untuk kepentingan masyarakat sekitar, sehingga bangunan ini bisa multifungsi. 

"Tadi Pak Bupati mengusulkan dua terminal tipe B untuk dilakukan rehab ulang. Tentu, aspirasi tersebut akan diakomodir," sambungnya.

Sementara, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang telah merubah terminal Ciledug menjadi megah, sehingga tidak terlihat kumuh dan kurang berfungsi maksimal seperti sebelumnya.

Menurutnya, terminal ini bisa difungsikan, salah satunya menjadi tempat pelayanan umum masyarakat, seperti pelayanan perizinan, pembuatan KTP, pelayanan pembayaran pajak kendaraan, pegadaian dan kegiatan usaha lainnya.

Setelah diresmikan, pihaknya juga akan mengevaluasi Terminal Ciledug kedepannya. 

"Tiga bulan kedepan nanti akan kita lihat lagi, tentunya apa saja yang harus dilakukan untuk dibenahi. Dan kami siap untuk melakukan pembenahan, agar menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ujar Imron. (DISKOMINFO)