KABUPATEN CIREBON -- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Cirebon dipastikan siap mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada Upacara Peringatan ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Ranggajati Sumber pada tanggal 17 Agustus 2023 nanti.

 

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, para Paskibraka ini beberapa bulan sebelumnya telah berlatih keras untuk mengibarkan bendera merah putih. Seluruh pasukan tersebut merupakan generasi muda dari Kabupaten Cirebon.

 

Menurut Imron, para Paskibraka ini telah menanamkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

 

“Melalui Paskibraka juga dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi generasi muda dalam menanamkan nilai-nilai sosial, agar mampu menanamkan sikap dan perilaku yang baik di kehidupan bermasyarakat,” kata Imron saat mengukuhkan Paskibraka tingkat Kabupaten Cirebon, Selasa malam (15/8/2023).

 

Pasukan Paskibraka tersebut tidak hanya bertugas dalam upacara hari kemerdekaan saja, melainkan pada hari besar nasional lainnya. Bagi Imron, Paskibraka akan menorehkan kebanggaan dan peristiwa bersejarah tersendiri.

 

Ia juga sudah mengimbau, agar pasukan Paskibraka mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, baik dari segi kesehatan dan asupan makanan, sehingga bisa berkonsentrasi dengan baik. 

 

“Tugas penting esok pagi hari maupun sore hari pada tanggal 17 Agustus agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Saya berharap, ikrar yang telah diucapkan benar-benar dihayati, dipedomani, dan dijalankan dalam pengabdian anak-anakku terhadap bangsa dan negara di masa kini dan masa depan,” tambah Imron. (DISKOMINFO)