KABUPATEN CIREBON -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si membuka secara simbolis Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak Kabupaten Cirebon tahun 2023 di TPS 04 Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Minggu (22/10/2023).

 

Wabup Ayu menjelaskan, bahwa pelaksanaan Pilwu serentak tahun 2023 beririsan dengan Pemilu, maka diharapkan kondusifitas di lapangan tetap terjaga, agar pelaksanaan Pilwu serentak di Kabupaten Cirebon sukses tanpa ekses.

 

Melalui Pilwu serentak ini, Ayu menambahkan, diharapkan dapat menghasilkan calon kuwu terpilih, yang benar-benar dapat diterima di tengah-tengah masyarakat.

 

Selain para calon kuwu mempunyai kemampuan, wawasan yang luas serta memiliki dedikasi dan pengabdian terhadap masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan melalui penguatan desentralisasi.

 

"Diharapkan juga dapat mendukung terciptanya pemerintahan desa yang maju dan mandiri," kata Ayu.

 

Ia juga mengimbau, untuk para calon kuwu yang hari ini berkontestasi, agar tetap untuk menjaga kondusifitas, karena peristiwa yang terjadi hari ini merupakan bagian dari sejarah hidup dan akan meninggalkan bekas yang mendalam, baik bagi diri para calon kuwu, maupun bagi seluruh anggota keluarga.

 

"Harus dipahami dan diterima dengan tulus, karena filosofi pemilihan kuwu adalah mencari figur pemimpin yang berhasil merebut kepercayaan terbesar dari rakyat, dan juga menemukan tokoh panutan yang akan dijadikan suri tauladan bagi masyarakat di desanya," jelas Ayu.

 

Di akhir, Ayu menambahkan, kepada seluruh warga masyarakat yang mempunyai hak pilih, untuk benar-benar memanfaatkan Pilwu ini dengan sebaik-baiknya. 

 

“Hindari segala bentuk perpecahan, yang dapat mengancam kebersamaan dan persaudaraan antar keluarga di desa,” harapnya. (DISKOMINFO)