KABUPATEN CIREBON -- Sebanyak 6.510 orang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) pada seleksi kompetensi pengadaan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon formasi tahun 2023 di Ballroom Hotel Apita Cirebon, Kamis (16/11/2023).

 

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menjelaskan, seleksi kompetensi ini merupakan tahapan kedua dari rangkaian proses seleksi untuk menjadi ASN, karena sebelum berada pada tahap seleksi kompetensi, sudah terlebih dahulu melewati proses seleksi administrasi. 

 

Pada tahun 2023 ini, lanjut Imron, berdasarkan keputusan Menpan RB Nomor 546 Tahun 2023, Kabupaten Cirebon mendapatkan alokasi formasi sebanyak 4.017 orang, dengan rincian: PPPK Tenaga Kesehatan 2.130 orang; PPPK Tenaga Guru 1.084 orang; dan PPPK Tenaga Teknis 83 orang.

 

"Dan sebuah kehormatan, Kabupaten Cirebon menjadi penyelenggara seleksi kompetensi pegawai ASN tahun 2023 di Jawa Barat," ujar Imron.

 

Ia menjelaskan, tujuan dari seleksi kompetensi ini adalah untuk menilai kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan. Sehingga diharapkan nantinya, dapat menghasilkan ASN yang berkualitas dan yang terbaik.

 

"Seleksi ini menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan prinsip cepat, akuntabel dan transparan. Sehingga, hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama," jelas Imron. 

 

"Nilai hasil ujian langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian, dan tidak akan ada celah bagi siapapun untuk melakukan kecurangan dalam proses seleksi ini," sambungnya. 

 

Di akhir, Imron menambahkan, pihaknya mengimbau bagi seluruh peserta dan keluarganya, untuk berhati-hati agar jangan mempercayai pihak-pihak atau oknum yang mengatasnamakan panitia seleksi atau pihak manapun yang dapat menjanjikan kelulusan seleksi pengadaan ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon. (DISKOMINFO)