Pembukaan Pelatihan Kerja dan Pameran Lowongan Kerja (Job Fair) Kabupaten Cirebon Tahun 2016

Selasa dalam(05/04/2016), berlansung Pembukaan Pelatihan Kerja dan Pameran Lowongan Kerja (Job Fair) Kabupaten Cirebon yang bertempat di UPT Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon. 

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Cirebon dan para Muspika Kecamatan Plumbon.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon, H. Deni Agustin, SE mengatakan, di Job Fair tahun 2016 pihaknya menyediakan 36 perusahaan Nasional, regional dan lokal baik yang ada di Cirebon maupun Kota-kota besar lainnya dengan menawarkan tidak kurang 3300 pencari tenaga kerja diharapkan para penīcari kerja yang ada di Kabupaten Cirebon ini bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan semaksimal mungkin.

Dengan adanya Job Fair ini pihaknya ingin memudahkan pada para pencari kerja mendapatkan pekerjaan, karena dengan hanya datang disatu tempat yakni BLK para pencari kerja bisa memilih dimanapun yang mereka suka dan sesuai dengan bidang kemampuan para pencari kerja.  Dengan adanya Job Fair ini bisa mengurangi pengangguran yang begitu sangat masih tinggi di Kabupaten Cirebon.

Sementara itu Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si. dalam sambutanya menyampaikan Pembangunan ketenagakerjaan merupakan bagian integral dari Pembangunan Daerah secara keseluruhan, berdasarkan data BPS tahun 2015 jumlah penduduk Kabupaten Cirebon sebanyak 2.263.978 jiwa, sedangkan jumlah angkatan kerja mencapai 992.132 jiwa dari jumlah tersebut yang sudah bekerja 888.046 orang dan masih terdapat jumlah pengangguran sebanyak 104.086 orang. Dapat diketahui bahwa masih terdapat pengangguran terbuka yang tersebar di 40 Kecamatan di Kabupaten Cirebon hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

  1. Pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi;
  2. Pendayagunaan tenaga kerja yang masih rendah;
  3. Tingkat produktivitas tenaga kerja yang masih relatif rendah;
  4. Ketidakseimbangan pertumbuhan penyedia lapangan kerja;
  5. Kesenjangan informasi kesempatan kerja yang masih rendah.   .

dengan kondisi tersebut maka perlu menjadi pemikiran, pekerjaan dan komitmen bersama didalam upaya menanggulangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon.

Bursa lowongan kerja dilaksanakan untuk terus menekan angka pengangguran di Kabupaten Cirebon yang memilii tujuan sebagai berikut :

  1. Kegiatan pelatihan kerja merupakan upaya dalam meningkatkan keterampilan masyarakat pencari kerja di Kabupaten Cirebon yang bertujuan menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan berkompeten sehingga memiliki daya saing dan dapat diterima dipasar kerja;
  2. Kegiatan bursa lowongan kerja atau job fair ini dalam rangka memfasilitasi antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan penempatan tenaga kerja serta memberikan informasi kesempatan kerja kepada pencari kerja.

Respon dari acara Job Fair tersebut sangan baik dan dinanti oleh para pencari kerja, terbukti dengan banyaknya kunjungan para pelamar kerja ke stand-stand yang disediakan oleh panitia yaitu Disnakertrans Kabupaten Cirebon.(edy’s/Bens,Diskominfo)(05/04/2016)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.