Pemkab Cirebon Laksanakan Peringatan HUT Ke 72 Kemerdekaan RI Tahun 2017

Pemerintah Kabupaten Cirebon melaksanakan Upacara Bendera dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke 72  Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017, Kamis (17/08) yang dilaksanakan di Lapangan Stadion Ranggajati Sumber.

Upacara Peringatan ini diikuti jajaran TNI-Polri, Dishub, POL PP, Korpri, Pelajar dan Ormas. Hadir dalam Upacara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Cirebon, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Yayat Ruhyat, M.Si, Ketua PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, para Kepala OPD se-Kabupaten Cirebon, para Veteran dan undangan lainnya.

Dalam Upacara Peringatan tersebut, dibacakan teks Pancasila oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Bambang Marsana, SH, MH, diteruskan dengan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang  Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Dandim 0620 Kabupaten Cirebon, Letkol. Inf. Irwan Budiana, SE., MM. dan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H. Mustofa, SH.

Sedangkan Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs, MM.,M.Si selaku Inspektur Upacara membunyikan sirine untuk mengenang detik-detik  proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada pukul 10.03 Wib.

Dalam amanatnya menyampaikan bahwa gaung pekik kemerdekaan harus tetap melekat dihati semua bangsa Indonesia. Bahwa tema peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan tahun 2017 adalah “Indonesia Kerja Bersama”, yang menunjukkan pendekatan semangat kekeluargaan, kebersamaan, dan gotong royong dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera. “Tema ini memacu kita untuk terus bersama-sama meningkatkan semangat persatuan dan kebersamaan serta semangat gotong royong untuk bergerak maju meningkatkan akselerasi sesuai dengan tugas kita masing-masing sebagai komponen  bangsa,”

“Harus kita sadari bahwa pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan syuhada pembela tanah air, berisikan amanat luhur kepada generasi penerus, agar momentum kemerdekaan dapat dipelihara, dan diisi dengan aktivitas positif,” lanjut Bupati dipertengahan sambutannya. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa kita harus bersyukur telah dapat melampaui 72 tahun usia kemerdekaan, dan berkewajiban melanjutkan perjuangan generasi pendahulu, dan menanggung konsekwensi perjuangan yang sesuai dengan jamannya.

 Diakhir sambutannya Inspektur Upacara mengajak untuk menghadapi berbagai hambatan, gangguan, dan tantangan dengan memperteguh semangat untuk terus berjuang, serta bahu-membahu dan bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, bangsa Indonesia. Selain itu juga mengajak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah menuju cita-cita mewujudkan masyarakat sejahtera yang didukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa. “Pekerjaan rumah yang sangat relevan dengan amanat kemerdekaan adalah terselenggaranya kesinambungan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya diakhir sambutan.

Upacara Peringatan HUT RI ke-72 Tingkat Kabupaten Cirebon berjalan dengan lancar dan khidmat. Upacara  berlangsung dari sekitar pukul 09.00 Wib.

Selesai Upacara Peringatan, Bupati Cirebon menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada PNS Kabupaten Cirebon dan memberikan kadeudeuh bagi para pejuang dan janda.

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan pagelaran sosiodrama  oleh para pelajar dari berbagai sekolah yang mengisahkan tentang detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.(Bens/Edys, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.