Polres Cirebon Gelar Millenial Road Safety Festival Tahun 2019

SUMBER, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, S.I.K., M.Si  memimpin Apel Besar Millenial Road Safety Festival Polres Cirebon Tahun 2019, diikuti oleh jajaran TNI-Polri, para Pelajar serta Komunitas Masyarakat Kabupaten Cirebon di Lapangan Pataraksa Sumber, Sabtu (2/2/19).

Kegiatan tersebut dihadiri Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Risto Samodra, hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Mustofa, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs.H. Rahmat Sutrisno, M.Si, dan para undangan lainnya.

Dalam kegiatan Millenial Road Safety Festival Polres Cirebon tersebut ditandai dengan penyerahan Pataka Milenial dan Kapsul Relay oleh Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Risto Samodra kepada Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto untuk diarak keliling Wilayah Kabupaten Cirebon. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan sepeda dan jalan santai.

Kegiatan Millenial Road Safety Festival dilangsungkan di 34 Provinsi se-Indonesia selama tiga bulan, tepatnya dimulai pada tanggal 6 Januari 2019 diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Jakarta, kegiatan tersebut rencanaya akan diselenggarakan sampai dengan 31 Maret 2019.

Dalam sambutannya Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan dalam rangka menggelorakan Milenial Road Safety Festival dan mencetak relawan lalu lintas dari generasi milenial agar bisa menjadi agen perubahan dalam berlalu lintas di Wilayah Hukum Kabupaten Cirebon. “Acara ini bertujuan mesosialisasikan tata cara tertib lalu lintas kepada kalangan anak muda sebagai upaya peningkatan dan pengukuhan kesatuan bangsa di kalangan generasi muda. Acara ini juga di design dengan menyesuaikan kebutuhan kaum milenial yang diperkirakan berusia antara 17 sampai dengan 36 Tahun.” Ujarnya.

 “Mengupayakan generasi milenial untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam rangka menunjang, mendorong, dan menggerakan penyelenggaran pembangunan bangsa, serta seluruh aspek kehidupan masyarakat dan senantiasa berdaya guna sebagai sarana pengontrol perilaku masyarakat berlalu lintas di jalan guna tercapainya tujuan Road Safety yaitu Zero Excident.” Imbuhnya.

Presiden, Jokowi berpesan bahwa kaum milenial sangat penting bagi pembangunan bangsa yaitu sebagai agen pembawa peubahan akan sangat mempengaruhi iklim politik dan ekonomi Indonesia pada kurun waktu 5 hingga 10 tahun kedepan. Peran generasi milenial pada Road Safety (keamanan berkendaraan) diantaranya, pelopor tertib berlalu lintas, pelopor terwujudnya Road Safety menjadi bagian dari Road Safety Centre mendukung modernisasi di bidang Road Safety, mendukung penegakkan hukum lalu lintas dan menjadi motivator dalam implementasi Road Safety.

Berdasarkan data, jumlah kejadian korban kecelakaan di Indonesia Tahun 2018 di dominasi oleh kaum milenial sebanyak 107.327 kejadian dengan jumlah korban 13.258 korban luka berat dan 29.083 korban meninggal dunia dan selama Bulan Januari Tahun 2019 di Polres Cirebon telah tercatat kejadian sebanyak 25 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan 30 korban luka ringan, 4 korban luka berat dan 6 korban meninggal dunia.

Kapolres Cirebon mengajak kepada seluruh kaum milenial dan Pemda Kabupaten Cirebon agar memperhatikan kelengkapan berkendaraan sesuai dengan standar berkendaraan  yang aman berdasarkan ketentuan yang tepat di dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 1992 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Mari bersama membangun dan meningkatkan kesadaran, kepekaan, kepedulian dan tanggung jawab akan keselamatan berlalu lintas. Gelorakan lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar karena akan menyelematkan generasi milenial sebagai asset bangsa. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, wujudkan keselamatan untuk kemanusiaan. Jadilah milenial lalu lintas untuk Indonesia Gemilang”. Ungkapnya. (Bens/Edys, Diskominfo).

Translate »
No announcement available or all announcement expired.