Seminar Kanker Serviks dan Kanker Payudara

dalamDalam rangka memperingati HUT Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Cirebon dan Hari Kanker se-Dunia yang jatuh pada bulan Oktober, GOW Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aisyiyah menyelenggarakan Seminar Kanker Serviks dan Kanker Payudara, Selasa (20/10/2015) bertempat di Ruang Paseban Setda Kabupaten Cirebon yang dihadiri oleh jajaran GOW, BPJS, Jajaran PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cirebon.
Laporan Ketua Penyelenggara pada kesempatan tersebut Hj. Iis Tresnayadi menyampaikan sebagai Pimpinan  Daerah Aisyiyah Kabupaten Cirebon sudah melakukan program yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat berjumlah 1500 pasangan usia subur tentang kesehatan reproduksi, dan hasil dari binaan itu langsung kita tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) terhadap 450 orang dari 6 desa program dan hasil positif dalam pemeriksaan itu kita lanjutkan untuk papsmear yang bekerja sama dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS).
Sementara Pelindung GOW Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE menyampaikan pembangunan di Bidang Kesehatan merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk memajukan kehidupan Bangsa dan Negara serta mensejahterakan masyarakat.
Pada saat ini, Kabupaten Cirebon telah mengalami kemajuan pendidikan kesehatan diantaranya dengan banyak sarana kesehatan untuk melayani masyarakat  dan harus dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan. Masyarakat Kabupaten Cirebon harus mensupport untuk menjadikan masyarakat yang lebih sehat khususnya kaum wanita.
Penyakit kanker serviks dan kanker payudara banyak sekali dialami oleh kaum wanita, oleh karena itu kita sebagai yang notabene pendamping suami, pendidik anak-anak kita dimulai dari kita sendiri, kitanya harus sehat dengan cara pemeriksaan dini terhadap kanker serviks dan payudara ini.
Dengan Peringatan Hari Kanker Sedunia yaitu dengan mendeteksi dini kanker rahim dan kanker payudara salah satu penyelamatan bahwa perempuan di Kabupaten Cirebon dari penderita kanker yang dialami oleh wanita.
Penyakit kanker payudara merupakan penyumbang kematian nomor 1 di Dunia dari penderita kanker yang dialami oleh wanita. Menurut data WHO kematian kanker payudara sebesar 21,4 %, kanker serviks 10,3 %, kanker paru-paru 9,1 %, kanker usus 8,5 %, kanker ovarium (indung telur) 7,6 %.
Dan dari sini kita yang tergabung dalam GOW bisa mengambil pelajaran dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang berbagai macam penyakit yang menular dan tidak menular, bagaimana menghindari, pencegahannya serta bagaimana cara mengobatinya.
Pelindung GOW megharapkan bisa memanfaatkan edukasi ini sebagai masukan dan tambahan ilmu pengetahuan bagi kita untuk disampaikan atau ditularkan kepada lainnya. (Bens/Sahidin, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.