SOSIALISASI DAN TECHNICAL MEETING FESTIVAL MAKANAN OLAHAN KABUPATEN CIREBON

dalamDalam rangka memberikan kontribusi kepada Kabupaten Cirebon Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon melalui makanan olahan mengadakan sosialisasi dan technical meeting festival makanan olahan Kabupaten Cirebon Tahun 2016 pada  Selasa, 11 April 2016 di Ruang Nyimas Gandasari Setda Kabupaten Cirebon.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon. , Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Tim Dewan Juri Festival, Kepala Bidang Industri pada Disperindag Kabupaten Cirebon, anggota Dharma Wanita, anggota PKK, para pengelola hotel dan restorant, Mahasiswa dan undangan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon   H. Erry Achmad Husaeri SH.,MM dalam sambutannya mengatakan dengan mengangkat tema makanan olahan dari daging dan susu diharapkan Kabupaten Cirebon yang sudah menjadi kota destinasi wisata kuliner di Indonesia yang dan masuk dalam 10 kota yang menjadi tujuan wisata dapat lebih berkembang dan membangkitkan kreasi olahan makanan. Untuk peserta yang juara satu akan diikutsertakan untuk mewakili Kabupaten Cirebon dalam even etnik food tingkat provinsi pada 28-29 Mei 2016.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon saat memberikan arahan mengatakan bahwa Kabupaten Cirebon memiliki potensi industri kecil yang dapat membanggakan karena di Cirebon memiliki kekhasan aneka kuliner makanan, kita dapat membuat aneka olahan makanan dari daerah tempat kita berada. Hadirnya produk-produk asing merupakan tantangan dan konsekuensi yang harus kita siasati dengan inovasi dan kreatifitas yang tinggi sehingga diharapkan juga mampu membantu kesejahteraan keluarga dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga  serta meningkatkan nilai tambah dan prestise dari para pelaku usaha.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon juga menghimbau kepada seluruh tim penggerak PKK, mahasiswa dan  masyarakat umum untuk mengikuti acara festival makanan olahan ini pada 3-4 Mei 2016.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan yang diawali oleh Kepala Bidang Industri pada Disperindag Kabupaten Cirebon Ibu Dra. Hj. Eli Lilis Surtini  untuk persiapan pelaksanaan festival yang pendaftarannya dimulai dari tanggal 11 hingga 29 April 2016 di Sekretariat festival makanan olahan di Disperindag Kabupaten Cirebon atau di nomor Handphone 081 564 605 736.

Untuk pelaksanaan lomba bagi kelompok PKK dan Dharma Wanita dilaksanakan pada 4 Mei 2016 pukul 07.00 WIB, sedangkan untuk kelompok pelajar, mahasiswa dan umum pada 3 Mei 2016, para peserta seluruhnya akan mendapatkan piagam dan memperebutkan piala bergilir, piala tetap dan bingkisan. Untuk kreasi makanan yang harus dibuat oleh peserta festival adalah  masakan daging, kudapan daging, kudapan susu dan minuman.

Sedangkan pemaparan dari ketua dewan juri yang menjelaskan tentang produk berbentuk makanan olahan industri atau kuliner dan kriteria penilaian mencakup kreatifitas, komposisi bahan, rasa, penataan dan garnish, aroma, kehigienisan dan warna.

Jumlah peserta sebanyak 120 kelompok yang terdiri atas 40 TP PKK kecamatan, 30 Dharma Wanita, 25 dari kalangan umum dan 25 dari siswa dan mahasiswa dan acara ditutup dengan sesi tanya jawab.(Intan-Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.