Tim Provinsi Jabar Monev Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan

3Tim Provinsi  Jawa Barat melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) 10 Program PKK Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon dan Penilaian 5 Lomba Desa dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK-BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kedatangan rombongan Tim Monev diterima langsung oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si dan Ketua PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan, Selasa (30/08/2016).

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Ketua Tim Monev 10 Program PKK dan Penilaian 5 Lomba beserta rombongan atas kehadiran di Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon juga mengatakan bahwa Tim Penggerak PKK ini, merupakan salah satu Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat sebagai mitra kerja Pemerintah Desa yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Gerakan ini merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan harus lebih ditingkatkan, merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan maupun dalam menerima kembali hasil pembangunan itu sendiri.

Gerakan PKK di Era Globalisasi ini dituntut untuk lebih menumbuhkembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru dalam menerima arus globalisasi tersebut. Tantangan yang dihadapi sangatlah banyak antara lain perkembangan SDM, pergeseran tata nilai, pemanfaatan SDA, ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu perlu adanya sebuah ketahanan keluarga sebagai alternatif dalam upaya mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju-mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Di Kabupaten Cirebon Tim Penggerak PKK beserta jajarannya, baik di Tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Keluarahan, RT dan RW semuanya ikut berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga proses dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Cirebon berjalan dengan baik, terkoordinir dan terintegrasi.

Kami sampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon dengan para pengurusnya, TP PKK Kecamatan Pabedilan yang telah begitu besar berupaya memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dan kepada TP PKK Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan yang merih juara I dalam kegiatan pembinaan 10 Program PKK Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2016 Bupati Cirebon mengucapkan selamat, sehingga dapat mewakili Kabupaten Cirebon untuk tampil sebagai obyek Monev 10 Program PKK dan Penilaian 5 Lomba Desa dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK-BBGRM (Bulan Bhkati Gotong Royong Masyarakat) Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Bupati Berharap mudah-mudahan Desa Sidaresmi ini mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama 10 Program PKK dan Penilaian 5 Lomba Desa dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK-BBGRM (Bulan Bhkati Gotong Royong Masyarakat) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun  2016.

Ketua TP-PKK Jawa Barat Hj. Netty Prasetiyani dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Tim Monev menyatakan, selain Monev juga diselenggarakan penilaian Lima Lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK-Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2016 sebagai seleksi desa yang akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

“Kelima lomba tersebut terdiri atas Lomba Tertib Administrasi PKK, Lomba Pencegahan Kekerarasan dalam Rumah Tangga, Lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Lomba Pemanfaatan Halaman Keluarga, dan Lomba Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga),” ujarnya.

Melalui Monev tersebut, dapat diketahui sejauh mana inplementasi 10 Program Pokok PKK, bagaimana perkembangannya, dan apa kendalanya. (Bens/Edys, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.