Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-56 Tingkat Kwartir Cabang Cirebon

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-56 Tingkat Kwartir Cabang Cirebon Tahun 2017 dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Plumbon Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, Senin (14/08) yang diikuti oleh insan pramuka, Kakak-kakak Pelatih, Pembina, Pamong, dan Instruktur Gerakan Pramuka di Kabupaten Cirebon.

Hadir Bupati Cirebon selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Cirebon  Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, Drs.,MM.,M.Si  bertindak sebagai Pembina Upacara. Hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Cirebon, Kepala Disbudparpora Drs. H. Hartono, MM, Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Asdullah, MM, Kepala Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah    Drs. Erus Rusmana, M.Si, Camat Plumbon,  Ketua Kwartir Pramuka beserta jajaran pengurus  Pramuka Cabang Cirebon.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka DR. Adhyaksa Dault, SH.,M.Si menyampaikan selamat Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 bagi segenap jajaran dan keluarga besar gerakan pramuka di seluruh Indonesia dan perwakilan di Luar Negeri, gerakan pramuka yang tersebar dari sabang sampai merauke dan dari miangas sampai pulau rote, dari pelosok desa terpencil sampai ke kota dan perwakilan luar negeri di kedutaan besar dan konsulat jenderal merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, pendidikan kepramukaan yang mendasar pada satya dan darma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.

Dengan mengusung tema Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 yaitu “bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa” mengindikasikan bahwa pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa.

Peringatan Hari Pramuka ke 56 Tahun 2017 ini sangat istimewa karena bersamaan dengan peresmian pembukaan Raimuna Nasional ke-XI Tahun 2017 oleh Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta yang diikuti oleh 15 ribu Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari 514 Kabupaten/Kota 34 Provinsi dan Gugusdepan Kedutaan Besar/konsulat Jenderal di Luar Negeri serta pramuka dari berbagai belahan dunia yang berasal dari region kepanduan Asia Pasifik, Timur Tengah, Eropa, dan Inter Amerika.

Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita ini. Dan kedepan pembanguna SDM harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada SDM yang berkualitas. Ketika Indonesia memperingati 100 tahun Kemerdekaan RI Tahun 2045, diantaranya generasi mileneal yang aktif menjadi pramuka kelak akan menjadi pemimpin negeri ini. Untuk itu saya mengharapkan betul kepada seluruh jajaran pramuka utamanya anggota dewasa, baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, Pembina, pamong saka, Maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela Negara.(Bens/Edys, Diskominfo)

Translate »
No announcement available or all announcement expired.