KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menaruh harapan besar kepada jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon agar tetap mampu menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Imron saat menghadiri upacara HUT ke-77 Bhayangkara di Lapangan Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (1/7/2023).

“Membangun suatu daerah itu tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan harus ada campur tangan seluruh pihak, termasuk Polri,” ujar Imron.

Pada momen Hari Bhayangkara ini, Imron mendoakan kepada seluruh anggota kepolisian di Polresta Cirebon agar tetap diberi kesehatan untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Semoga polisi tetap bersama mengawal masyarakat Kabupaten Cirebon dalam kemajuan. Apalagi, saat ini Kabupaten Cirebon akan menggelar Pilwu serentak dan Pemilu 2024,” lanjut Imron.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H menyebutkan, dalam momen besar tersebur, pihaknya telah melaksanakan kegiatan, diantaranya olahraga bersama TNI-Polri dan bacaleg, kegiatan bakti sosial, kerja bakti di makam keramat Mbah Kuwu Sangkan, doa lintas agama, bazar UMKM, serta kegiatan donor darah.

Arif berharap, momentum tersebut dapat dijadikan kesempatan untuk memperkuat tekad Polri agar tetap konsisten mempererat kemitraannya dengan masyarakat.

“Selain itu, sekaligus menjadikan Hari Bhayangkara sebagai milik segenap warga masyarakat yang merupakan bagian terpenting dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas. Dalam setiap pelaksanaan tugas, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta aktif segenap stakeholders dan komponen masyarakat,” kata Arif.

Menurutnya, tugas Polri saat ini semakin berat dan kompleks. Untuk menciptakan situasi kamtibmas di era demokrasi dan kebebasan tidaklah mudah.

Dalam waktu dekat, lanjut Arif, Polri di Kabupaten Cirebon akan dihadapkan pada berbagai agenda kalender Kamtibmas yang membutuhkan pengamanan secara serius dan sungguh-sungguh, antara lain pengamanan Pilwu serentak tahun 2023 di Kabupaten Cirebon dan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

“Menghadapi agenda tersebut, saya berharap seluruh jajaran mempersiapkan rencana pengamanan dengan sebaik-baiknya, melakukan identifikasi kerawanan-kerawanan dan potensi konflik,” harap Arif.

Selain itu, perlu dilakukan koordinasi dan kerjasama secara sinergis dengan berbagai instansi terkait yang terlibat termasuk dengan media dalam memberitakan kegiatan Polri dan berbagai keberhasilan yang sangat positif bagi peningkatan kepercayaan masyarakat. (DISKOMINFO)