KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Talun 2023 dengan kemasan Karnaval Satu Suro, Festival Talun, Talun Bersholawat, dan Pagelaran Wayang Kulit.

Kegiatan Festival Talun 2023 ini menggabungkan unsur kebudayaan, entertainment, exhibition dan event. Hal ini dilakukan untuk memberikan akses pasar bagi masyarakat Kabupaten Cirebon untuk mendapatkan peran dalam geliat ekonomi.

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si menyebut Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang memiliki banyak kekayaan, baik seni maupun budaya. Bahkan memiliki produk kreatif yang begitu khas, serta ditunjang dengan industri pariwisata yang representatif dan semakin inovatif.

Menurutnya, dengan banyaknya seni dan budaya, tentunya menjadi peluang bagi mayarakat untuk berkarya secara kreatif untuk memajukan Kabupaten Cirebon.

"Keadaan ini tentunya menjadi peluang bagi kita semua untuk memajukan Kabupaten Cirebon, khususnya pada sektor budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Ayu saat menghadiri acara Festival Talun 2023, Kamis (20/7/2023).

Ia mengungkapkan, Festival Talun 2023 ini sekaligus sebagai upaya Pemkab Cirebon untuk menjadikan Kabupaten Cirebon sebagai daerah tujuan wisata melalui identitas seni dan budaya. 

"Festival Talun 2023 merupakan sebuah festival budaya yang diselenggarakan bersamaan dengan mempromosikan potensi produk ekonomi kreatif. Kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan pertunjukan seni sebagai bentuk pelestarian kesenian daerah sekaligus menjadi daya tarik bagi pengunjung," ungkapnya.

Ayu menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, yaitu agar festival budaya Cirebon ini dapat menjadi bagian dari kalender event tahunan yang rutin diselenggarakan di Kabupaten Cirebon.

"Event ini sebagai wadah bagi para pelaku seni berkarya menampilkan kreasi seni budaya, serta pelaku ekonomi kreatif untuk mempublikasikan dan mempromosikan produk terbaiknya setiap tahun untuk kemajuan produk ekonomi kreatif lokal," lanjut Ayu.

"Mudah-mudahan event ini dapat menjadi penggerak untuk pelaksanaan event-event sejenis kedepannya. Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi pada kegiatan Festival Talun 2023 ini," imbuhnya. (DISKOMINFO)