KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di halaman kantor Bupati Cirebon, Sabtu (28/10/2023). 

 

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bertindak sebagai Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, yang mana dalam peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia".

 

“Hari ini, kita merayakan sebuah momen penting dalam sejarah Indonesia. Setiap tanggal 28 Oktober, kita mengenang Sumpah Pemuda yang diucapkan pada tahun 1928. Sumpah Pemuda menjadi tonggak penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan," ujar Imron. 

 

"Dalam sumpah tersebut, pemuda-pemuda Indonesia bersatu, berkomitmen untuk bersatu dalam satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia. Semangat patriotisme yang dihayati oleh para pemuda pada saat itu, masih menjadi pendorong bagi kita semua,” sambungnya.

 

Tema yang diusung pada Peringatan HSP ke-95 ini, yaitu "Mencerminkan Semangat Kolaborasi dan Keberagaman yang menjadi Kekuatan Indonesia".

 

Logo peringatan ke-95 tahun ini, dengan barisan manusia yang berwarna-warni, adalah simbol dari berbagai suku, bahasa, dan budaya yang ada di Indonesia. Keanekaragaman inilah yang membuat Indonesia semakin kuat dalam upaya memajukan bangsa.

 

Pemerintah Republik Indonesia telah memberikan peluang luas kepada generasi muda untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional. 

 

Kolaborasi antar generasi menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi masa depan Indonesia yang lebih baik. Generasi muda sekarang, merasa diberikan tempat yang pantas dalam proses pembangunan bangsa.

 

“Kita juga perlu menyadari, perubahan teknologi dan arus informasi yang semakin cepat, yang kadang membuat kesenjangan antara generasi. Oleh karena itu, pemahaman dan penguasaan teknologi, informasi, dan literasi digital adalah hal yang sangat penting,” lanjutnya.

 

Dalam rangka mencapai pembangunan yang lebih cepat, pemuda perlu memiliki visi, misi, serta peran strategis untuk 30 tahun mendatang. 

 

Kolaborasi lintas generasi dan gotong royong lintas sektor adalah strategi yang ampuh, ini sejalan dengan undang-undang dan peraturan pemerintah yang telah ada.

 

“Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus bersatu, bersatu dalam tekad untuk memajukan Indonesia. Ini adalah momentum untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," jelas Imron.

 

"Dan semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kita kekuatan dalam perjuangan ini. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023!,” tutup Imron. (DISKOMINFO)