KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) damai tahun 2024 bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu Kabupaten Cirebon, seluruh partai politik peserta Pemilu 2024, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan unsur lainnya di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Rabu (16/8/2023).

 

Bupati Imron mengharapkan dalam deklarasi Pemilu damai tahun 2024, Pemilu di Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan aman dan kondusif. 

 

"Mari bersama-sama agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang di Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan kondusif, serta kita jaga persatuan dan kesatuan kondusifitas daerah," kata Imron. 

 

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H mengatakan, deklarasi Pemilu damai yang dihadiri Forkopimda dan seluruh partai politik juga KPU, serta Bawaslu Kabupaten Cirebon, adalah dalam rangka untuk menyamakan visi sekaligus persepsi. 

 

Menurutnya, apapun kontestasi yang dilaksanakan agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan diantara sesama. "Saya titip jaga kondusifitas, kita jaga persatuan dan kesatuan diantara kita," ujar Arif.

 

Dikatakan Arif, untuk menghadapi tahapan agenda selanjutnya, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah persiapan sekaligus menyusun pola pengamanan dalam kontestasi tersebut, mulai dari sudah membangun sinergitas antara aparat penegak hukum melalui forum Gakumdu. 

 

Namun, untuk pola dan skema pengamanan masih dalam tahapan menghitung, diantaranya koordinasi dengan KPU terkait dengan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Cirebon dan TPS khusus.

 

"Dari itu semua, nanti kita lakukan inventarisir dan pemetaan terkait dengan potensi-potensi kerawanan. Dari situ kita dapat menetapkan pola pengamanan dalam rangka pelaksanaan pemungutan suara yang ada di TPS," lanjut Arif. 

 

Pihaknya juga berkoordinasi intensif dengan KPU dan Bawaslu, termasuk dengan tahapan yang akan dilalui, mulai dari kampanye dan tahapan lainnya. 

 

"Pada prinsipnya, Polresta Cirebon bersama seluruh stakeholder yang ada dan dukungan TNI siap untuk melakukan pengamanan dalam rangka kontestasi Pemilu tahun 2024," tambahnya.

 

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi menyatakan, kegiatan deklarasi damai ini merupakan perwujudan sekaligus sebagai pengingat, bahwa sebagai peserta Pemilu dan unsur yang terlibat didalamnya dapat mengingat kembali melalui deklarasi damai untuk bersama-sama menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan situasi kondusif dan damai.

 

"Itu pentingnya, kita diingatkan kembali lewat deklarasi Pemilu damai ini. Melalui deklarasi damai untuk bersama-sama menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan situasi kondusif dan damai," ujar Sopidi. (DISKOMINFO)